Friday, August 23, 2013

Kali ini kita akan cerita tentang liburan pertengahan tahun 2013 di kota jogja. Karena ada benturan kepentingan, ceeiileh.. Aku sama panda datang di hari yang beda, yang jelas kita ketemuan disana.

Transportasi dari Surabaya
Aku naik kereta  sancaka pagi, pesan 2 hari sebelumnya. Dapet harga 120.000 berangkat dari stasiun gubeng surabaya pukul 8.00 sampek jogja sekitar pukul 13.00. Panda berangkat siang hari sekitar pukul 14.00 pake bis patas Eka dengan harga 90.000, udah dapet makan sekali di Ngawi. Ada beberapa menu makanan, tapi lontong kikil jadi pilihan. Memang terlihat lebih murah, tapi ternyata sampai di jogja pukul 22.00 berhenti di terminal giwangan. Lokasi jauh dari malioboro bikin panda harus naik taksi malem-malem yang sok jual mahal nggak pake argo 60.000 ribu rupiah. Well, jadi lebih mahal nyampeknya lebih larut, jauh pula dari malioboro. Niatnya sih naik bis biar lebih cepet nyampek, secara bis berangkat 10 menit sekali sementara sancaka Cuma ada pukul 8.00 sama pukul 16.00. Tau gini pake sancakan aja sekalian, antisipasi mabok juga hehe.

Akomodasi
Karena terlalu malem nyampek malioboro, persewaan motor jadi udh gak bisa nganter motornya. Padahal udah fix pesen. Begitu si panda nyampek, langsung deh nyari tempat istirahat. Kita nyari sekitar pukul 23.00, jalan kaki di malioboro malam hari. Dari jalan sosrowijayan, sosrokusuman, dagen, pajeksan, belakang pasar Beringharjo (lupa nama jalannya), sampai jalan sebelum mailoboro itu juga lupa namanya.  Masuk ke gang-gang, tanya ke orang-orang, sampek duduk-duduk di pinggir jalan saking hopelessnya ckck. Banyak tempat penginapan yang udah tutup jam segitu, kalaupun ada itu hotel-hotel mahal yang open 24 jam, beberapa diantaranya belum pas sama budget dg harga 150.000-300.000 per malam, beberapa lainnya penuh karena termasuk weekend, belum lagi penginapan ajep-ajep khas bule, banyaaaak lagi dah. Kita sampek masuk-masuk gang tikus, yang pada akhirnya dapet penginapan di gang itu. Kok yaa untung orangnya belum tidur, padahal pintu udah tutup lampu udah mati. Buat informasi aja, di setiap jalan-jalan yang disebutkan tadi punya range harga yang beda-beda. Kalo mau yang murah pake banget cari di sosrokusuman. Disini penginapan, losmen, sampai hotel ada, dan murah semua. Yang paling perlu dicatat, kalo malem disepanjang jalan ini sepi. Nggak ada hiburan malam sama sekali. Entah jadi nilai plus atau minus tentang ini, selain kebanyakan Cuma nerima kamar antara 2-3 orang, denger-denger ada yang bisa sekamar ber6 di penginapan happy. Dan, pasangan unmarried dilarang sekamar. Selanjutnya, di urutan ke dua penginapan murah di malioboro ada di jalan sosrowijayan. Ada hotel Kartika yang harga per kamarnya 70.000 rupiah saja, tapi tutup kalo malem-malem. Di sepanjang jalan sosrowijayan banyak hotel-hotel "besar" yang tentu saja memerlukan bujet yang besar pula. Ada juga hiburan malam, yang bikin jalan ini nggak pernah sepi jam berapapun karena wisatawan asing sebagian besar menghabiskan malam di jalan ini. Di jalan sosrowijayan juga punya gang-gang masuk. Tp jangan salah, di dalam gang-gang ini masih banyak hotel lagi segala ukuran mulai yang kayak rumah sampek bener-bener kayak hotel. Bule-bule juga nggak ragu nginep di gang-gang ini. Nah, untuk jalan dagen tempatnya hotel-hotel yang bujetnya lebih besar lagi. Bahkan penginapan yang masuk ke gangnya pun antara 150.000-300.000, itu masuk-masuk di gang kecil! Masih ada hotel-hotel besarnya di pinggiran jalan dagen. Nah untuk di jalan pajeksan, tergolong minim hotel dibandingkan dengan jalan yang sebelumnya, kalaupun ada hotelnya lumayan mahal karena tergolong bagus di pinggiran jalan.

Oke,transportasi dan akomodasi done sampai sini. Maaf belum ada gambar, tulisan selanjutnya pasti ada. tunggu ya cerita selanjutnya..


story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates