Monday, October 22, 2018

Alhamdulillahh...
Gw udah pulang sama anak dan suami gw. Di rumah disambut sama ibu dan adek gw yg sama-sama antusias sama bayi. Selama ada ibu gw di rumah beliau yang ngerawat bayi gw, gw mah tinggal makan sama nenenin aja terus tidur barengan bayinya.

4 hari setelah pulang, bayi gw waktunya kontrol ke dokter anak. Gw minta rujukan kantor dulu biar segala biaya kesehatan anak gw ditanggung kantor. Ternyata dr. Sanjaya tuh bukan dokter mitra klinik kantor gw. Dari list nama yg disodorkan akhirnya gw pilih dr. Sienny sebagai dokter anak gw. Abis itu langsung ke Borromeus. Setelah tiba waktunya bayi gw diperiksa, ternyata dia kuning. Gw emang agak feeling matanya kuning sih sejak di rumah. Jadi pas perutnya ditempel stetoskop ada bekas stetoskopnya di kulit warna kuning. Hari itu juga bayi gw diambil darah buat diperiksa bilirubinnya. Beuuuhh... mamak mana tega liat bayi umur seminggu tangannya ditusuk-tusuk jarum buat diambil darah. Dia nangis, gw nggak tega liat keluar ruangan. 2 jam kemudian hasilnya bisa diambil, dan ternayata bilirubinnya diatas 12. Dokter lgsg nyuruh buat disinar karena udah tinggi. Sediiiiihh bangeeet baru beberapa hari di rumah dia udah harus balik rumah sakit. Bayi gw disinar selama 2 malam, gw akan ditelpon 2 hari kemudian ketika bilirubinnya udah turun *berarti bayi gw diambil darah lagi kan???? :(

Gw balik ke rumah dengan sedih, begitu juga ibu gw ikutan sedih. Malem itu gw nangis.. kangen sama bayi gw :'(

Selama bayi gw rawat inap tuh kami orang tua dapet jam besuk setiap jam 10 pagi dan 15.30. Disini gw udah harus merelakan dia minum sufor, karena disinar itu panassss. Dia bakalan sangat kehausan, sedangkan asi gw kalo pompa masih sekitar 50/60 ml. Gw tetep perah, dan gw nggak pengen memaksakan ego gw anti sufor-sufor club tapi bayinya kesiksa. Setiap hari gw dateng 2x sehari buat jenguk dan susuin dia sampe kenyang.
Tentang bayi kuning ini, faktor resiko dari ibu bergolongan darah O lebih besar mengalami bayi kuning. Jadi gw dan suami serta anak gw sama-sama O nih. Terus ada mitos kalo bayi yang lahir di Borromeus hampir selalu kena bayi kuning. Entahlah... gw denger ini dari beberapa senior gw di kantor, dan tetangga gw. Selama di rumah tuh dia selalu dijemur setiap pagi, dan gw mah kalau nyusuin sesuka bayi aja. Mau lama sampe gw gak mandi juga gapapa. Asal pas gw pengen pipis dan poop monmaap banget kudu di pause dulu. Buat yang ngikutin blog ini dari part sebelumnya pasti tau kalau gw susah pipis.
2 malam sudah gw tanpa bayi gw, sedih sih cuma ya ini saatnya gw buat istirahat full. Bobo enak sampe pagi, makan ontime, mandi bersih. Di Minggu pagi gw pede anak gw bakalan cukup 2 malam aja disinar, dan telpon itu datang. Horaaay... manusia mini nocturnal itu akhirnya kembali ke pelukan gw.
Nyampe ruang Perina gw ketemu dia, cupcupcup ciuman nempel lsgs dari gw buat dia. Gw liat bekas suntikan ambil darah di tangannya (lagi) hiksss aciaaan km nak. Seelagi dia ganti baju, ayahnya beresin administrasi. Hayuu kita pulang, nak!

Hari-hari kurang begadang pun datang lagi, gw udah berubah jd mombies aja (mommy zombi) dengan kantong mata item dan penampilan yg berantakan.Tapi selepas dia sakit kuning dan harus rawat inep itu, gw makin berasa sayang sm bayi gw. Me time gw nggak sebanding dengan waktu yg harus dilewatkan tanpa dia. Gw pun lebih ikhlas dalam begadang. Semoga bisa menjadi ibu yg lebih baik buat kamu ya sayang. Selepas dia pake sufor itu juga gw mau menebus mau ngasih sebanyak-banyaknya asi, sampe dia kalo nenen lamaaa banget. Masalah datang lagi, puting gw lecet dua-duanyaa!!! Awalnya cuma sebelah aja, terus gw kasih nenen lebih intens ke sisi yg nggak sakit. Eh ikutan lecet juga, jadinya dua-duanya lecet.
Setiap bayi gw rewel minta nenen jadi saat-saat yang nakutin buat gw, tangisan dia jd pertanda kalo bentar lagi gw jg akan nangis. Nangis karena nyusuin dengan payudara lecet. Gw berharap dia tidur lebih lama, dan lupa nenen. Tapi ngga bisa, dia tetap minta nenen hampir setiap saat. Bukan lagi 2 jam sekali kayak pesan-pesan yg selama ini disampaikan suster ke gw. Dan itu terjadi nggak cuma sehari dua hari. Gw inget tuh, pas pulang lahiran dikasih krim momilen sama rumah sakit. Jd gw rajin oles itu ke payudara. Cuma kan karena bayinya sering minta, jd kudu rajin bersihin krimnya. Ujung-ujungnya jadi males.
Tapi, makin hari kayaknya sih bayi gw makin pinter. Lecetnya udah cuma sekali itu aja sampe saat ini gw nyusuin. Si lecet itu bisa ada karena perlekatan yg jelek, bayi netek di puting bukan di areola. Laaah kan newborn mulutnya kecil, bayi gw buka mulutnya sempitt banget jd nggak cukup areola masuk mulutnya. Itu yg bikin lecet. Sekitar umur sebulan dia udah bisa nenen masuk areola, gw pun jg happy karena udah nggak lecet-lecet lagi.
Another story begin, keseharian sebagai mombies bikin gw harus banget memanfaatkan kesempatan bayi tidur buat istirahat juga. Apalagi bapak ibu dan adek gw udah pulang sejak baby Nadhim umur 2 minggu, otomatis gw urus bayi sendiri. Sama suami dikasih embak pulang-pergi buat sekedar bantuin masak, nyuci, urus-urus rumah gitu lah. Siang dia pulang, gw istirahat (kalo bisa) sambil urus bayi. Ada malam dimana bayi gw anteng nggak ngajak begadang, bagi gw itu kesempatan banget buat tidur cukup. Dan malem kayak gitu ternyata makin banyak, mungkin si bayi udah mulai lulus belajar tentang siang malam. Udah seneng, eh cobaan dateng lagi. Suatu pagi gw bangun dengan payudara nyeri. Gw susuin tetep aja nyeri. Ternyata ada kayak pengerasan gitu, dibilang benjolan sih nggak benjolan karena permukaan payudara tetep mulus. Semacem lempengan gitu lah, di area bawah payudara kiri gw. Nggak keliatan kalo diliat, kudu diraba yang agak neken dulu baru berasa. Saat itu biarpun nyeri gw anggep bukan masalah besar, karena selama ini yg diinfokan ke gw kalo payudara keras gitu susuin aja, pompa, beres. Tapi ternyata lempengan itu ada sampe berhari-hari, nyerinya udah makin nyiksa. Gw sampe di wa sama tetangga gw nyarain breastcare di Limijati, dia tau karena pembantu gw bilang kalo gw lagi ngebagel (kalo gak salah sih bahasa sundanya payudara ngegumpal). Gw bisa bayangin gimana payudara keras itu dipijat, sakitnyaaa kayak gimana lahwong disenggol aja sakit. Tetangga gw jg bilang dia sampe nangis pas di breastcare itu, dan kapok jangan sampe ngebagel lagi saking sakitnya. Gw masih maju mundur buar breastcare. Sampe di hari ke-5 setelah si bagel muncul, sakitnya udah banget. Gw sampe teriak-teriak kalo nyusuin bayi, nangis-nangis. Gw nggak sanggup lagi, gw pun beraniin diri buat breastcare di Limijati. Hari itu hari Minggu, takut kalo layanannya ngga ada kami telpon dulu. Ternyata bisa, tapi nggak lebih daari jam 1 siang. Kamipun langsung bergegas kesana.
Dan bener aja, breastcare itu sakitnya luar biasa. Macem kayak lahiran aja. Gw sampe beberapa kali minta stop istirahat dulu nggak kuat. Waktu breastcare tuh asi yg keluar jg agak keruh gitu kekuningan, kata suster itu asi yg tersumbat. Okelah si asi sumbatnya udah keluar, berarti jalannya udah lancar dong pikir gw saat itu. Abis pijat breastcare, Nadhim gw susuin. Katanya si gumpalan nggak langsung ilang, tapi berangsung-angsur ilang seiring gw sering nyusuin. Sehari-dua hari gumpalan masih ada, padalah gw udah nyusuin bayi sesering mungkin semau dia. Belum puas sm breastcare kemarin gw panggil bidan rumahan buat breastcare gw di rumah. Breastcarenya nggak lebih sakit, cuma abis itu gw jadi menggigil sampe gigi gw bunyi-bunyi. Disitu jg asi gw keliatan kuning keijoan, bukan keruh lagi. Dan baunya asem banget. Bidan menyarankan gw buat ketemu dokter laktasi karena dia liat payudara gw bengkak dan memar.
Besoknya langsung gw kontak Limijati buat booking dokter Laktasi, gw dapet hari itu juga sama dr. Florencia. Pas konsul sama beliau gw disarankan usg buat liat kondisi dalem payudara gw. Dan pas konsul sama beliau itu, dikasih tau kalo berat badan si Nadhim termasuk kuning alias warning.

Ibu mana yg nggak sedih?? Udah payudara sakit, susah nyusuin, terus bayinya berat badan kurang :(

Kata beliau, pertumbuhan bayi 0-6 bulan harus banget ngikutin garis ijo yang di KMS itu. Ini adalah masa genting buat dia, kalau berat badannya kurang dia terancam gagal tumbuh. Serem amat kan. Gw pun disarankan pake SNS buat nyusuin, bisa diisi ASIP kalau ada. Atau sufor opsi terakhirnya. Pas dicek juga si Nadhim punya toungue tie yang bikin dia ngga bisa nyusu dengan sempurna. Dia jg punya lip tie tp yg masih level 1. Dan dokter menyarankan buat insisi tongue tie si bayi. Apalagiiiiii ini!!! Beliau meminta untuk diskusikan dengan suami yg saat itu kebetulan nggak iku, buat insisi tongue tie si Nadhim. Gw sangat keberatan, udah gw aja yg dioprek-oprek sampe sesakit apa juga. Bayi gw jangan. Gw yakin kok kalo payudara gw sehat normal, tongue tie dan lip tie ini bukan hambatan berarti.
Keluar dari ruang dokter gw segera hubungi bagian USG. Dan betapa tidak beruntungnya gw karena USG payudara di Limijati hanya bisa hari Selasa (harganya 499k kalo nggak salah). Gw pun pulang dengan antibiotik dan obat oles resep dokter laktasi. Gw didiagnosa kena mastitis, sehingga gw harus minum antibiotik buat ngelawat bakterinya, dan krim oles biar nggak ada bakteri lagi masik ke payudara gw lewat puting. Mastitis ini kata beliau disebabkan sm sumbatan asi yang 'bertemu' dengan bakteri sehingga menimbulkan abses.
Nggak beruntungnya gw lagi hari itu adalah Jumat, besoknya Sabtu Minggu ngga ada layanan USG dimanapun. Mau nggak mau gw nunggu hari Senin!!!!!!! Selama 2 hari itu berasa neraka banget, apalagi kalo dipake nyusuin. Btw asi gw udah nggak keluar lagi dari payudara kiri gw. Gw googling selalu susuin pompa susuin pompa, yg disaranin buat penderita mastitis. Nah ini gw gak keluar asinya boooo, apanya yg disusuin. Gw pompa sejam sampe batrenya abis jg cuma keluar embun doang. Gw pernah sekali nyoba susuin si Nadhim, masyaaa Allah. Gw sampe nangis sujud sakitnya luar biasa. Telpon sana-sini buat USG akhirnya gw dapet di Borromeous.
Seninnya gw lgsg ke Borromeus buat USG mammae, antri parah. Radiologi disana tuh kayak balapan sama yg rawat inap. Jadi antriannya bisa banget kepotong-potong. Gw yg jadwalnya jam 11 masuk, jam 2 siang baru masuk. Biayanya sekitar 380k. Dan disitu ketahuan, payudara gw udah isi nanah di semua kuadran. Kelenjar getah bening gw di ketek juga mengalami pengbengkakak. OMG semua kuadran coyyy...
Sejam kemudian gw dapet hasil USGnya dan gw segera balik ke Limijati buat ketemu dokter laktasinya. Ngeliat hasil USG juga bu dokter langsung nyaranin gw operasi. Beliau ngasih rekomendasi dokter bedah pro ASI di RS Santosa, cuma kantor gw nggak ngecover dokter itu karena spesialis onkologi gt. Yg dicover dokter bedah aja. AKhirnya dengan pertimbangan banyak medical record di Borromeus, gw akhirnya minta rujuan buat operasi mastitis di Borromeus. Malem itu juga gw ke Borro, gw mau diservis sama siapapun dokter yg lagi praktek malem itu. Akhirnya jatohnya ke dokter Arthur.

Gw mau segera di operasi, gw mau nyusuin anak gw lagi sesegera mungkin, gw mau anak gw berat badannya segera normal lagi. Ya Allah please help :(

Malem itu juga dokter bilang harusnya gw bisa langsung dioperasi, tapi pertimbangannya gw akan ninggalin bayi gw semalem. Harusnya juga gw dirawat selama 4 hari biar lebih optimal, tapi karena pertimbangan bayi gw ambil one day surgery. Besok paginya gw balik jam 10 siang, operasi saat itu juga dan pulang hari itu juga. Jangan tanya gimana rasanya, 2 hari itu payudara gw besarnya hampir 2x lipat dan sakitnya luar biasa. Gw sampe nangis pas perjalanan ke Borromeus buat operasi saking sakitnya. Operasinya cuma sebentar, tapi dibius total. Gw nervous, itu adalah operasi pertama gw. Tangan gw dipasang saluran infus, sekejap kemudian gw udah nggak sadarkan diri. Pas sadar gw udah nggak di dalem ruang operasi lagi. Pas udah dibalikin ke ruang perawatan, gw liat full diperban jd nggak tau bentuknya kayak gimana. Suster bilang setiap hari gw harus ngeganti perbannya 2x pagi dan sore, seminggu kemudian balik buat kontrol.
Nggak perlu waktu lama, gw nyampe rumah sekitar jam 3 sore, malemnya perban di payudara gw udah penuh. Basah dan merah. Saat itu gw bener-bener takut banget buat ngeliat payudara gw, gw udah googling gimana itu operasi mastitis. Dan semuanya bilang kalo payudara bakal dilubangi tanpa dijahit/ditutup, so kita bisa liat dalemnya payudara kayak gimana. Ada juga yang bilang lubang operasi itu dimasukin kasa biar nyerep nanahnya. Serem-serem pokoknya. Gw takut, tp gw kudu buka.
Sebelum tidur gw ganti perbannya dulu, dibukalah itu perban dari rumah sakit. Astaghfirullah hal adzim..... gw berasa lagi ada di film the saw yg sadis itu. Nih ya gw jelasin detail :::
1. Di hari pertama operasi itu, gw buka perbannya dan gw liat ada lubang kurang lebih diameter 1cm. Sekali lagi lubang ya, bukan sayatan!! Di lubang itu keluar selang kaku macem sedotan pop ice yang menjulur keluar kemudian ditekut keatas dengan ditahan benang. Sedotan itu tujuannya buat nampung nanahnya kata pak dokter. Dan darah menetes netes dari lubang itu, memenuhi perban. Gw parno banget. Setiap ganti perban gw ganti full sampe nggak keliatan sama sekali, gw parno kena sedotan itu trs jadi sakit, jd gw perbanin serapi dan tertutup mungkin. Ngeganti perban itu 2x sehari tuh serem banget, 2x sehari gw ngeliat payudara gw bolong dengan sedotan pop ice menjulur dengan netes-netes darah. Terus gw bersihin area sekitar sedotan itu dari darah-darah yang mengering dan sekitar lobang operasi itu.
2. Seminggu kemudian gw kontrol. Sedotannya dilepas, gw udah bayangin bakal sesakit apa. Ternyata nggak terlalu sakit. Pas dikeluarin betapa kagetnya gw ngeliat kalo sedotan itu ternayata dalemnya lumayan panjang juga. Bagian yg nusuk masuk ke payudara gw kirain cuma satu dua senti aja, ternyata lebih. Ada kali 10 cm, pas dikeluarin itu kok kayak gak beres-beres nggak taunya panjang. Untungnya nggak terlalu sakit, terus payudara gw diteken-teken kayak dipijit gitu biar nggak ada sisa nanah katanya. Dan itu nggak sakit, gw jg heran. Luka menganga gitu diteken-teken nggak sakit. Bagian tersakitnya dalah pas kulit-kulit sekiat lobang itu dibersihkan pake pinset. Jadi macem dikelopekin gitu soalnya kalo dibiarin bakalan jadi jelek katanya. Ok sedotang udah dicabut, gw pulang dengan PR kudu ngeganti perban 2x sehari. Bedanyaaaa...... selangnya disumpel dimasukin lobang menganga itu. wtf!!!! jadi si lobang menganga dibilas dulu pake air NaCl. Udah macem cucian kaaan dibilas!!!!! ini lobang meeeen, lo bisa ngeliat isi jaringan di payudara lo sampe dalem banget, dan dikasus gw ini lobangnya ada di batas antara kulit dan areola jadi deket puting, kebayang nggak gimana dalemnya??? secara puting kan bagian tertinggi payudara. Dan perbannya dibikin runcing dibasahi pake NaCL juga, terus dimasukin ke lobang itu. Merah menganga... dan gw harus lakukan itu 2x sehari!!! The saw banget. Please jigsaw dont come into my life.
Gw seringkali nangis di part ini, gw ngerasa ada di titik terendah hidup gw. Lebay??? Keliatannya, tp bener-bener hati gw ancur. Secara bersamaan bayi gw nenen cuma dari payudara kanan dengan disambung sufor :(((( Hati ibu mana yang nggak hancurr! Trus gw kudu ngelakuin hal serem nan sadis kepada diri gw sendiri. Ngenesnya lagi kalo pas tiba-tiba bayi gw nangis. Ga sanggup nahan nangis gw. Mau nggak mau, gw pun akhirnya lakuin itu sampe seminggu kemudian. Di tengah-tengah minggu sebenernya lobang itu perlahan nutup dan si perban nggak bisa masuk lagi.
3. Gw kontrol, ke rumah sakit sendiri dengan bawa bayi. Suami gw kerja dan dia udah banyak banget ijin akhirnya gw bilang sanggup kontrol sendiri. Dicek luka gw udah makin nutup, tapi masih belom boleh nyusuin takut kalo bayinya kena infeksi. Tapi gw masih harus ngebilas lobangnya pake NaCl sampe bener-bener nutup dan ditutupin perban biar nggak kena kotoran. Hari itu kontrol terakhir gw ke dr. Arthur karena nggak lama setelah itu luka gw udah nutup walaupun masih kulit baru, tipis-tipis gitu. Kata dokternya banyak-banyakin pompa, karena banyak asi yg mengendap sisa ngebagel waktu itu. Si mastitis bisa aja berulang kalo nggak dikeluarin asinya, uwaaaaa serem bgt kan !!!!  Gw sampe ngepompa dengan keadaan kulit yang masih berlobang, tapi nggak berdarah ya jadi nggak sakit. Beberapa waktu lalu dibekas operasi ini keluar gelembung kayak asi yg terjebak dibawah kulit gtu. Mau konsul lagi tp kata dokter SPOgnya nggak bahaya, bisa pecah sendiri. Eh beneran pecah sendiri.

Gw seneng pas ngeliat lukanya udah hampir nutup sempurna, kulitnya masih pink-pink gt tapi udah gw coba kasih ke bayi gw. Setelah berkali-kali upaya gw nyembuhin mastitis, perjuangan gw sampe berbuntut operasi demi anak gw segera nenen dan berat badannya naik, ehh dianya malah nggak mau nenen sama payudara ex-mastitis itu. Hiks,,, sumpah penolakannya tuh bikin sakit ati. Bahkan masukin ke mulut aja dia nangis.

Sakit hati bunda, nak!

Gw coba berbagai cara, sampe akhirnya agak maksa dan itu bikin puting gw lecet. Dan puting lecet itu bikin blister, setdaaaaah masalah apalagi ini. Pertama kali rasanya nyeri banget kalo pas disedot sm bayi. Udah dianya nggak mau, pas sekali dua kali sedot sakit nyerrriii bgt puting. Pas diliat ternyata ada kayak jerawat putih kecil. Gw takut kalo jerawat ini makin besar n sakit. Gw googling, akhirnya malem itu jg gw masukin payudara gw langsung ke mangkok isi air hangat yang agak panas gitu. Langsung gw pompa agak lama. Belakangan ini tiap gw ngebagel juga langsung masukin ke mangkok air hangat gitu, terus pompa. Karena kompres nggak efektif buat gw. Selama 2 malem itu gw usaha biar blisternya nggak menjadi, alhamdulillah dia jd mengerak agak item gitu. Mungkin pecah atau gmna, terus udah nggak sakit lagi.

Payudara kiri akhirnya tetep gw susuin walaupun keluar dikit. Si bayi mau nenen, kalau pas dia mau sekedar ngempeng bisa aja sampe ketiduran. Tapi kalo pas laper ya marah kalo dikasih yg kiri. Suatu hari pas gw kontrol bekas operasi mastitis, gw sekalian kontrol ke dokter ogbyn. Disitu gw ditawarin apakah sekalian mau pasang KB. Gw bilang mau pake KB yg menahun biar nggak repot. Dokter menyarankan langsung pasang IUD, tapi gw bilang mau bahas lagi sm suami. Sebenrnya sih karena gw masih shock dengan operasi mastitis seminggu sebelumnya, dan gw belum siap diobok-obok dengan tindakan medis lagi. 2 minggu dari pertemuan itu akhirnya gw mantap mau pasang IUD ditemani suami ke rumah sakit. Hari itu entah kebetulan, gw ngajak si bayi. Karena gw dapet jam praktek sore takutnya ngantri sampe malem kasian bayi kalo tidur malem tanpa gw. Pas gilirian gw pasang IUD, baru deh ketahuan kalo luka episiotomi alias guntingan waktu lahiran terbuka dan memerlukan jahitan ulang. Pada saat itu gw nggak tau apa kenapa, taunya jahitan belum beres dan dijahit lagi gitu aja,

Langsung seketika gw nangis di meja dokter, sakit memang dijahit itu apalagi pasca dijahit kalo dipake jalan/duduk. Tapi rasanya gw lbh ngerasa sakit perasaan karena sedih, semua yang gw alami saat itu belum cukup dan gw harus merasakannya lagi.Gw baru 3 minggu operasi mastitis sekarang udah harus dijahit lagi. 

Rasanya kok bertubi-tubi penyakit gw, nggak lulus-lulus jadi pasien. Malam itu juga gw dijahit lagi dengan tangisan bak anak kecil lagi tantrum. DOkter dan suster berusaha nenangin gw, mungkin dimata mereka gw parah cengengnya. Mereka berusaha menenangkan dengan menginfokan bahwa jahitan yg sekarang jauh berbeda dengan waktu lahiran, dan banyak orang mengalami hal yg sama bahkan lebih buruk. Buat gw itu gak terlalu menghibur, yg jelas gw sangat sedih dan kecewa saat itu.

Cuti 3 bulan gw tuh kayak isinya semacem pulang pergi ke Borromeus, berteman dengan rasa sakit yang silih berganti. Udah gitu kan suami gw jd lebih lama lagi puasa, kasian :( untungnya dia nggak maksa. Keesokan harinya setelah dijahit tuh emang udah nggak berasa, cuma tetep kalo duduk sama cebok mah masih ada cenut-cenut dikit. Di akhir bulan itu gw udah mulai belajar lagi naik motor, sekalian urus akta lahir si Nadhim. Bulan depannya gw udah kerja, dan alhamdulillah berangsur-angsur membaik.

Sekarang gw udah menikmati banget saat-saat sama bayi, menyusui dia, meskipun di tengah malam juga. Gw rasa malah itu jadi saat-saat romantis gw dan bayi gw, malam sepi tenang hanya ada kami berdua. Setelah menjalani ini semua, satu hal yg gw pelajari bahwa ada seorang manusia baru kecil yang sangat bergantung ke gw, dia nggak pernah nuntut gw ini itu. Dia nggak pernah nolak dikasih makan apapun juga meskipun itu bahaya buat dia. Ada kalanya dia menyusu sambil ngeliatin mata gw, kami saling menatap. Dia tersenyum seolah mau bilang terima kasih. Luluh terenyuhhhhh rasanya. Mungkin selama ini gw belum cukup ikhlas menerima rasa sakit, dan itu bikin keadaan selalu berasa buruk setiap hari. Insya Allah, si Nadhim mengajarkan gw keikhlasan. Sejujurnya gw nggak suka anak kecil, sampe akhirnya sekarang gw punya anak. Sayaaaang banget sm anak gw, dan gw jadi lebih empati sm anak kecil.

Alhamdulillah gw udah beresin part ini, sejujurnya ini adalah part paling berat buat ditulis karena emosional bagi gw. Part ini jg paling panjang hehhee. Gw bisa aja nulis sambil setetes dua tetes tiba-tiba nangis, ngetik cepet banget karena kebawa emosi, sambil pumpinh, sambil inget-inget bayi gw.

Apakah sekarang semuanya udah selesai dan berjalan normal??

Jawabannya nggak. Payudara ex mastitis gw ASInya dikit banget. Udah Nadhimnya nolak, jadi gw harus usaha buat dia mau lagi. Skin to skin, ada kali beberapa hari gw topless sambil pelukan sm dia yg pake popok doang. Pas udah mau ASI nya dikit banget. Kalo dipompa tuh cuma embun doang, ngotorin pantat botol pompa. Sekarang gw pake booster dan jadwalin pumping di jam 10, 13, 16, 18 (tentative tergantung bayi udah bobo apa belum), dan jam 21 di jam kerja, ASInya setetes dua tetes aja. Gw tetep usaha ngasih ASI ke Nadhim, tapi nggak mau membebani diri gw sendiri. Gw gabungin ASIP dan sufor. Bayi gak kelaparan, ibu happy ASI keluar deh.

Semoga berguna buat para new moms, khususnya new mom yang ngerantau kayak gw, dirumah tanpa orang tua/mertua, new moms yang begitu hebat perjuangannya melewati rintangan demi bisa bahagia sm bayinya, kalian tidak sendiri.

Sebelumnya :
My Pregnancy and Delivery :: Akhirnya normal juga... (Part 3)



story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates