Tuesday, September 19, 2017

Judul gw lebay banget yaa.
4 kota bukan gw nikah di 4 kota ala touring gituu, tapi sebenernya karena gw, babang, ortu, dan camer berbeda kota semuaaa. Gw di Bandung, babang di Cirebon, Ortu di Surabaya, Camer di Bogor. Semua pihak dalam satu kota yg sama aja udah bikin hectic, kadang juga tensi naik, marahan, berantem, dll. Gw 4 kota hmm -,-"
Gw dan babang lamaran 10 bulan sebelumnya, tepatnya November 2016 dengan sasaran awal menikah pada 12 Agustus 2017. Tujuan utama lamaran ini untuk memastikan tanggal pernikahan agar kami dapat segera booking hotel yeeey. Kami ke Surabaya selain untuk lamaran juga untuk booking gedung. h-2 h-1 lamaran udah survey beberapa gedung tapi belum ada yg cocok. Kami survey ke graha Iptekdok Unair, gedungnya bagus megah, harganya menengah, tapi sayang jauh dari rumah di daerah Waru. Trus Iptekdok ini juga banyak chargenya, kalo orang Jawa bilangnya banyak tetek bengek. Trus survey juga ke vendor rias Ben Bagoes, ternyata langganan pejabat ini agak kurang bersahabat sama budget kami.  Esoknya survey di Aula Brawijaya Korem seberang CITO. Murah sih, dan dekat dengan rumah. Cuma memang harga ga bohong. Faktor utama dan wajib dipenuhi bagi kami adalah kebersihan kamar mandi, karena nantinya tamu-tamu kami banyak datang dari luar kota. Sampe dengan hari lamaran tiba kami belum dapet gedung yg cocok hiks...
h+1 lamaran, pagi hari searching tentang gedung Graha Wisata Disbudpar ternyata ada satu blog yg bilang bhw gedung itu masih di bawah 10 juta *tadinya gw pikir ini gedung mahal
langsung hari itu juga kami survey, kebetulan pas ada acara wedding orang jadi pas banget dapat layout gedungnya. Bisa masuk-masuk ngeliat fasilitas gedungnya. Langsung klik, jatuh cinta pada pandangan pertama. Gedungnya bagus dan terawat, kamar mandi bersih, ada pintu masuk khusus docking dan pantry bersih, atapnya bagus. Gedung Graha Wisata ini sudah cantik dari asalnya, dekor minimalis pun akan jadi elegan. Suka suka...
Hari itu juga kami balik ke kota masing-masing, besoknya langsung cari info PIC nya dan telpon buat nanya harga. Langsung minta tolong ortu booking deh. Urusan gedung beres haphap

Salah satu sudut Graha Wisata. Btw ini wedding gw, bukan yg survey ituu
Nah selama 3 hari di Surabaya itu kami jg survey vendor rias dan catering. Yg rias kan belum dapet, maunya sih yg bagus tapi harganya masih wajar. Kami jg main ke Jatiroso catering dan disana dilayani konsultasi dan langsung dikasih range harga untuk kisaran 400 tamu. Sebelumnya udh survey survey juga dan Jatiroso ini harganya masih masuk akal banget. Review orang katanya juga enak. Dan gw liat IGnya dekor bagus. Jadi pas udah balik Bandung, selain DP gedung kami n jg DP Catering. Riasnya belom oke gpp sambil jalan.
Kesempatan selanjutnya ke Surabaya, kami jalan-jalan buat cari vendor rias. Pas janjian sama vendor eh ternyata kami disana konsultasi bersama dengan capeng lain, padahal udah janjian. kami sebenernya kecewa sih, maunya kan private tp si capeng lain itu gak mau nunggu sesi kami beres dan si vendor jg nggak ngatur buat private konsul. Pas pulang eh ndilalah (read: njekethek/ read : tiba-tiba) ngelewatin rumahnya vendor rias di daerah Menanggal Surabaya. Yaudah mampir, dan setelah penjelasan panjang lebar dan tinggi so far kami terarik. Dan misal kami DP di bulan itu kami dapet harga 2016. Fyi, hampir semua vendor sistemnya seperti ini, DP tahun 2016 untuk event 2017 agar dapat harga 2016. Karena saat itu udah pertengahan Desember, nggak pake pikir panjang beberapa hari kemudian kami DP.
Okey kami balik lagi ke Bandung (saat itu babang masih di Bandung), dan kami berniat untuk membuat perjanjian kerja dengan vendor rias ini mengingat angkanya yg lumayan besar, jadi biar sama-sama enak krn paham hak dan kewajiban masing-masing. Karena kami tidak di Surabaya, bisa dipastikan komunikasi dengan vendor banyak melalui WA/email/telpon. Vendor rias yg sudah kami DP ini memang komunikasinya bagus *saking bagusnya kami langsung yakin pada pertemuan pertama. Di chat pasti balasnya enak, cuma ketika kami minta kontrak kerja balesnya jadi lama-lama. Diminta kirim softcopy iya iya aja, siap katanya. Hampir setiap 3 hari kami ingatkan kirim, bahkan lewat telpon. Tapi alesannya banyak. Yang ada event kek, sudah kirim tapi gagal, internet ga bisa. Dan ngasih alesannya ini bukan dia ngabarain kami *kalo dia ngabarin kami berarti dia udah mencoba, tapi pas kami telpon selalu ada alasan sampai dengan 3 minggu lamanya. Dia udh mulai males balas chat kami. Feeling nggak enak aja, kalo kami di Surabaya gitu kan bisa langsung dateng. Tapi kami jauh, kami butuh vendor yg komunikatif dan nggak janji janji palsu. Gw pun gercep nyari vendor cadangan.
Sebulan dua bulan rajin pantengin IG, dan nanya vendor sana sini. Akhirnya ketemu sama Mas Priwanggono, postingan IG dia yg gambar gaun ijo dan riasan adat Jawanya bikin jatuh cinta. Gaun itu sesuai banget sama tema wedding gue : hijau putih. Kami hubungin beliau, dan ternyata paketannya cukup terjangkau. Gw pun lgsg bkin janjian, lgsg pesen tiket PP Bandung-Surabaya buat ketemu beliau. Pertama ketemu beliau bahas tema wedding, dan kebetulan beliau belum punya gown kayak yg gw mau. Dg baiknya beliau bilang mau bikinin gown baru yg sesuai tema gw, sewa perdana gtu deh. Gw nanya vendor-vendor apa aja yg jadi rekanannya, dan oke nggak ada yg ditutupin, vendornya juga bagus nggak abal-abal. Gw minta kontrak kerja juga disanggupin, tanggal 6 Agustus jg masih kosong. *)fyi gw pindah tanggal dr 12 ke 6, pertimbangannya tamu ada yg kerja hari Sabtu... Aaaaah gw seneng banget, selisih 10juta dengan yg vendor rias sebelumnya, cuma memang belum termasuk mobil dan prewed. Its OK, karena belum tentu jg gw perlu mobil pengantin, dan juga gw masih itung-itung lebih mahal mana prewed di Surabaya (++ pesawat PP udah berapaa hayoo), dan prewed di Bandung. Akhirnya gw DP saat itu jg. Alhamdulillah bisa tenang kerjanya. Secara paketannya udah termasuk dekor, dan foto juga. Vendor gede-gedenya udah beres, tinggal printilan aja.
Dari itung-itungan ekonomis gw, prewed di Bandung akan jauh lebih murah dengan syarat gak usah pake vendor yg premium. Pake fotografer freelance, property kami siapin sendiri. Tadinya gw sayang banget sama DP yg udah gw keluarin buat vendor rias awal, tapi setelah diliat-liat IGnya, saya tidak tertarik dengan satupun baju koleksi mereka. Bahkan kami japri minta dikirim koleksinya, sama aja kayak di IG. Ini soal selera ya, jangan percaya sama yg gw bilang, tapi menurut gw baju mereka agak jadoel untuk ukuran tahun 2017. Trus gw liat jg pose-pose prewednya gitu-gitu aja kayak nggak diarahin, dan gambar yang diambil biasa banget kayak bukan hasil fotografer. Asal bisa foto aja, trus pake kamera DSLR. Harapan gw prewed pake pose-pose natural elegan, gw nggak suka tulisan-tulisan papan "will you marry me""i said yes""you are my only one" etc menurut gw itu kurang berkelas dan terlalu mainstream. Gw pengennya cowok gw bilang "will you marry me" melalui tatapan mata saja, gerak tubuh, disertai efek bokeh dan tema yg cocok *calonbuibucerewet
Terus outdoor juga, jadi bisa ambil dari angle yg lebih luas entah dari semak-semak atau dibalik lemari *semi outdoor yah, bukan studio. Sekali lagi ini selera, apa yg ada disini semuanya adalah selera gw dan opini jujur gw. Jd bukan judging.
Gw ambil latar kota tua Bandung, daerah alun-alun sama Indischetafel, sebuah restoran Indi-Belanda klasik di daerah Sumatra-Bandung dengan tema vintage. Gw pake 2 kostum, ceweknya dress putih vintage sama dress dengan rok lebar ala victorian style, cowok gw cukup pake setelan rompi dan suspender. Gw juga make up sendiri, biar hemat. Sekalian belajar make up. Intinya sih vintage pake winged eyeliner sama lipstik merah.

salah satu kostum prewed gw

jajan di indischetafel 

Semua berjalan lancar sampai dengan kami mulai ada kendala-kendala teknis yg perlu handle langsung dengan orang yang paham maksud kami. Kami nggak mungkin sering-sering pulang karena biaya transportnya mending dipake bayar vendor alias tongpes. Sekitar h-3 bulan dari pernikahan kami, baru deh kami kepikir pake WO. Tadinya mau strugle aja karena dari pihak perias juga bisa tanpa WO. Tapi kan urusan wedding gak hanya sekedar di hari H, jadilah kami pake In WO.
Tapi dengan adanya WO dan vendor udah dapet bukan berarti gw bisa leha-leha. Masih perlu beli-beli barang seserahan dan vendor kotak hantarannya, baju seragam keluarga, belum lagi buat acara di rumah.. Oiya undangan juga bikin di Bandung karena menurut kami undangan itu penting banget dipantau, dari kontennya, warna, bahan, dll jadi dengan bikin di Bandung kami bisa pantau langsung setiap revisinya. Harganya sih lebih mahal memang di bandingkan bikin di Surabaya, tapi at least undangan kami teksnya udah bener, warna udah sesuai tema *di percetakan itu ga bisa kita bilang ijo trs lgsg sesuai harapan, karena jenis ijonya banyaaaak. Untuk souvenir awalnya gw mau beli online, gw nemu kantong warna warni murah banget sekitar 3500, cuma ongkirnya dari Jakarta ke Surabaya bisa sampe 600ribu. Seller juga gak mau pake cargo, jadi ya normal JNE aja. Ajeeegileee. Kami jalan di Cibadak dan kantong yang sesuai keinginan gw 9000an :( kalo 4000 mah dapetnya kantong blacu kecil dan belum bungkusnya. Finally pas main ke Surabaya, iseng ke PGS nemu kantong yg sama kayak di Cibadak dengan harga 3500 huwaaaaaaa so happy. Gw langsung beli banyak dan dapat diskon pulaa. Itu kantongnya aja ya, bungkus sendiri pake pita, kertas kue/doyle dan plastik. Ekstra saving banget.

                 
kantong 
bungkusnya
abis dibungkus
Sampe disini dulu ya, ntar gw lanjut lagi.

7 comments:

  1. Mbak mau tanya perias yg gak jd itunamanya apa? Trs paket priwanggono kena brp? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungin aja langsung, siapa tau berubah seiring kemajuan bisnis dia :D
      yg jelas worthed dan terjangkau
      yg ga jadi ada di menanggal, "restu" wedding (nama aku samarin)

      Delete
  2. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
    2. Catering
    3. Dekorasi All Area
    4. Paket Make Up & Busana
    5. Dokumentasi
    6. Music Entertainment
    7. MC Hits Jakarta
    8. Wedding Organizer (WO)
    9. Wedding Car
    10. Wedding Consultant
    BONUS PROMO:
    Honeymoon BALI 3D2N, MUA by BUBAH ALFIAN, FINE GOLD 10GR, PHOTOBOOTH 2 JAM UNLIMITED DAN MASIH BANYAK LAGI
    silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Jatiroso katering gmn beb makanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kak dibalas setahun kemudian
      makanannya oke banget kok
      walaupun infonya telat buat mbak, semoga bermanfaat bagi reader lainnya. tks

      Delete
  5. Hallo para calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat:
    – Gedung (Full Karpet & AC)
    – Dekorasi
    – Catering (buffet & Foodstall)
    – Rias & Busana/Bridal
    – Entertainment
    – Photography
    – Tim WO 8 orang
    – Wedding Planner
    – Mobil Pengantin Alphard
    – MC + Buku Tamu

    BONUS:
    - Logam Mulia 5gr
    - Foodstall HONG TANG 200pcs
    - Free Akad Nikah
    Untuk lebih lanjut kamu bisa hubungi: DWI 0857-1837-2283 Wedding Public Relation

    ReplyDelete

story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates