Wednesday, October 10, 2018

Di part 2 ini udah masuk tentang kehamilan gw ya. Dramanya udahan dulu part 1 aja, nanti akan ada drama kehidupan lagi 😊

TM 1 dan 2 :: Jawaban dari doa beberapa tahun lalu
Setelah 2x tes dan membuahkan 2 garis. Gw segera ke bidan di klinik tanggungan kantor. Ya memang cuma ada bidan disana, sehingga konfirmasi kehamilan belum ada. Cuma kata bidannya sih kemungkinan kalo udah 2 garis mah pasti hamil. Ditanyain Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) abis itu diresepin vitamin dan disuruh balik lagi 2 minggu kemudian. Disaat perkiraan usia janin 7 atau 8 minggu. Setelah dari klinik tuh sehari rasanya lama bgt, gw bener-bener menantikan saat USG rahim gw.
2 minggu berlalu gw pun ke klinik lagi, sesuai janjinya gw dikasih rujukan ke dokter SPOG. Gw pilih RS Borromeus karena menurut gw udah cukup bagus dan deket sama kantor gw. Terus disuruh pilih dokter SPOG nya, gw pilih dr. Elise setelah nanya -nanya temen dan katanya beliau pro normal. Sepulang ngantor langsung cus ke Borromeus buat ngecek jadwal dokternya dan lokasi ruangan klinik kandungannya. Rencananya weekend gw mau kesana sm suami, tp ternyata antriannya booo nyampe meja pendaftarannya jam 8.30 udah ditutup cuy. Penuh ceunah.
Ok fail nih ke SPOG, gw coba lagi minggu depannya. Akhirnya dooong gw dapet antrian. Tapi ya teteeep antrian lama. Kalo periksa di Borromeus tuh ambil antrian di pendaftaran dulu, abis itu karcis antriannya dikasih ke ruang bidan di klinik kandungan. Nah di ruang bidan kita tuh di timbang badan, ukur suhu badan, sama tensi darah. Kalau pas kedatangan pertama biasanya isi dulu identitas suami dan istri, sampe pertanyaan tentang siklus menstruasi. Baru deh dikasih nomer urut masuk ruangan dokternya.

Akhirnya nama gw dipanggil nih setelah nunggu sekian lama. Di dalem gw langsung diarahkan masuk ke tempat USG. Nah ketauan deh umur janin gw bener sekitar 7 minggu, udah ada kantong bayi dan detak jantungnya. Aaaaaarggghhh anakkkuu... 

Selama TM 1, gw setiap 2 minggu periksa kehamilan di Borromeus dengan dr. Elise. Pas masuk TM2 baru deh sebulan sekali. Waktu sama beliau, gw nggak diijinin terbang sampe miggu ke 14. Untuk makanan lebih baik menghindari kerang, kepiting, dan makanan-makanan instan macem baso dan kawan kawan.
Namanya juga cewek ya dikit dikit suka cerita ke temen. Temen kantor (kali ini temen seunit) beberapa pake dr. Maximus. Gw jd pengen juga pas ngedenger testimoni dari mereka. Akhirnya pada usia kandungan sekitar 17 minggu gw dan suami nyoba periksa ke beliau.
Pertama kali tau kalo si janin laki-laki jg pas pertama dateng ke dr. Maximus. Kesan pertama yg kami dapet beliau nggak keburu-buru. Nggak kayak kejar setoran. Mau meluangkan banyak waktu buat bicara sama kami calon orang tua. Beliau menyarankan untuk merubah makanan seperti ayam broiler menjadi ayam kampung, telur coklat menjadi telur ayam kampung atau bebek, dan lebih banyak makanan yg direbus. Terus katanya jg lebih baik tidak mengkonsumsi makanan pedas karena akan membuat anak kita nanti kram perut pas menstruasi misalkan si janin perempuan. Dan juga cokelat. Tapi hal terpenting menurut dia adalah kasih sayang kami sebagai orang tua kepada janin kami. Sebisa mungkin jangan berantem karena janin bisa merasakan.

Seneng bangeeet dapet anak pertama laki, suami gw dr awal pengen perempuan smentara gw pengen laki. Begitu tau laki, langsung deh gw senyum jahat ke dia ha ha ha. Ternyata janin yang pernah gw tangisin adalah seorang anak laki-laki yang pernah ada dalam doa gw. Gw pernah minta, pengeen banget punya adek laki. Sampe akhirnya dapet adek perempuan, ya doa gw sih nanti semoga kalau punya anak dapetnya laki gituuu. Jadi lah gw dan adek 2 bersaudara perempuan semua.

Anak laki gw ini dari awal baik, mual muntahnya cuma sebentar banget. Gw sempet tuh gak doyan makan nasi. Jadi makannya mie terus terusan sama roti. Trus mual muntahnya tuh selalu di rumah, nggak pernah di kantor apalagi pas meeting. Kurang lebih 2 mingguan gw mual muntah abis itu ilang, dan gw bener-bener nggak ngerasa hamil. Biasa aja gitu. Gw mulai ngerasain geraknya pas usia menjelang 20an, kalau gak salah sih ya sekitar minggu 17 itu. Rasanya kayak cedutan. Makin lama makin jelas kalau itu dia 😘

TM 3 :: My boy have his own timing
Nah masuk trimester ke-3 nih mulai persiapan melahirkan. Janin gw dipantau lebih intens dari biasanya. Masuk minggu-32 dokter bilang si janin belum muter alias sungsang hiks hiks. Dokter sih menenangkan gw ya, katanya itu bener-bener terserah bayinya bukan karena gw kenapa gt. Kalo hasil googling dan kata orang disuruh banyak jalan kaki. Helaaaaw gw tiap hari jalan kaki 1,5 kilo dari rumah ke jalan besar buat naik angkot ke kantor. Sejak TM 3 ini gw periksa 2 minggu sekali ke Borromeus. Dan sampe minggu 36 masih sungsang. 

Leeee tole... ngerjain bunda ya??

Padahal ya udah ikut senam hamil walaupun bisa diitung jari, masih jalan kaki juga 1,5 kilo tiap hari, sholat 5 waktu nggak lupa, ditambah nungging-nungging hasil ngikutin youtube. Si tole masih aja belum muter. Fyi, senam hamil di Borromeus lumayan juga 30rebu udah termasuk senam, sarapan, sesi konseling, dan kalau beruntung produk-produk bayi. Nah pas senam hamil kadang ada juga room tour. Jadi kita diliatin mulai ruang IGD, ruang perawatan dari kelas 3 sampe termahalnya, ruang bersalin, ruang bayi, dll. Ada daftar harganya juga.

Daftar harga paket melahirkan di Borromeus Bandung per Juni 2018

Diatas 36 minggu, gw periksa jadi setiap minggu. Akhirnyaaaa nih di minggu ke 38 bayi guweeeeeh muter sodarah sodarah. Alhamdulillah.

Tadinya gw udah pesimis banget, jangan-jangan kudu operasi gara-gara janin sungsang. Kalau udah muter bisa normal dooong... Ternyata enggak!! Katanya walaupun udah muter janin gw masih jauh belum turun rongga panggul. 

Jadi kepalanya kayak belum ngepas di jalan lahirnya gitu. HIKSS apalagi ini!
Kalau tak kunjung turun panggul sampe dengan HPL maka lahirannya pun sama-sama operasi. Tapi lagi-lagi dokter bilang jangan panik karena semuanya masih bisa terjadi sampe dengan hari H kelahiran. Bayi akan menentukan waktunya sendiri.
Sampai dengan minggu ke-39, seminggu sebelum HPL belum ada tanda tanda si bayi pengen lahir. Udah parno duluan pas tau orang-orang yg hamil bareng gw udah pada lahiran. Di minggu ini juga si bayik tak kunjung turun panggul. Harapan gw buat lahiran normal pupus lagi. Dokter bilang ditunggu aja, gak perlu kesusu lahiran apalagi sampe kudu operasi caesar.
Gw baru ambil cuti melahirkan di usia 38 minggu 4 hari, nggak lama kemudian ibu dan adek gw dateng ke Bandung dari Surabaya. Tadinya sih kalau udah ada sinyal cinta mau segera ambil cuti, nah ini nggak ada sinyal cinta gitu trus kapan dong cutinya. Sempet takut lahiran di kantor. Tapi kata dokter sih nggak mungkin langsung mbrojol gitu apalagi anak pertama. Pasti ada tanda-tandanya dan itu nggak sebentar.

Selanjutnya :
My Prenancy and Delivery :: Akhirnya normal juga... (Part 3)
Sebelumnya :
My Prenancy and Delivery :: Keajaiban itu ada (Part 1)

story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates