Monday, September 4, 2017

Finally baru akan mulai nulis 1 dari 2 calon blog yg udah tertampung di otak. Yaaah beginilah gue, tingkat kepuasannya rendah gampang seneng walaupun hanya sekedar baru akan nulis 1 dari hahahahahah. Ceritanya gw baru pulang dari honeypacker beberapa hari, mumpung belum lupa.

Dibilang honeymoon nggak juga karena gue sm suami sempet nginep di hostel gitu di SG, terus suami bawanya hanya 1 ransel (backpack, bukan carrier). Tapi dibilang backpacker juga nggak backpacker amat. gue bawanya koper sama tas cantik disertai topi mandjaaah, terus hotel di KL juga lumayan memanjakan pasangan yg baru 2 minggu menikah uwuwuwu. Jadilah liburan nanggung gue sm suami temanya honeypacker aaajaa. Ok lanjut ya dibawah gue mau jabarin satu persatu dulu dari persiapan sampe dengan hari liburannya, bonus itenerary lengkap sama budgetnya.

1. Pesawat

Awalnya gue pengen banget travelling 3 negara gitu, Singapore-Malaysia-Thailand. Tp karena cuti terbatas dan ternyata perjalanan darat KL-Hatyai menempuh waktu panjang (kalo ga salah 7 jam) jadi gue ga jadi ambil Thailand. May be next time amiin. Gue ambil multicity BDO-SIN dan pulangnya via KL-BDO. Nah gue beruntung nih dapet tiket dibawah 1 juta udah PP dari Bandung. Tadinya mau berangkat dari Jakarta aja biar murah naik Tiger Air misal, dipikir-pikir sama aja gue keluar duit buat travel ke Soeta. Belum lagi kalo flight pagi kan gue kudu dari malem, antara tidur bandara atau hotel transit. So gue ambil langsung dari Bandung. Nah biar murah gue beli tiket di travel agent yg suka promo, gue search di Tokopedia nemu deh Subpacker tours. Gw liat IG dan linenya oke sih, review tokped juga bagus jd gue percaya,. Dapet AA flight jam 8 pagi harga 435.000. Bener aja di traveloka harganya 700ribuan dg flight yg sama. Tp belum termasuk bagasi ya, jd kami cm pake kabin aja 7 kg iar hemat. Daaan tambahan pindah kursi 21ribu. Nah tapi pulangnya gw beli di Traveloka, dapet Malindo KL-BDO seharga 426.000. Harga segitu udh full service, in flight entertain, bagasi sama meal udh termasuk.

1. Hotel
Sejak H-sebulan 2 bulan, gw udah googling tuh hotel-hotel di SG dan KL. Di SG kami pake Hostel aja, karena private room di SG lumayan mihil. Ada yg 600ribuan tapi daerah Geylang gtu. Katanya red districtnya SG, sebenernya sih nggak masalah ya asal deket MRT. Tp kan kami masih termasuk pengantin baru, jangan-jangan ntr ada balapan sama kamar sebelah (aapaan sih ini -,-") Nah trs gw cari deh Hostel dengan review baik terbanyak di Traveloka nemu deh namanya Sleepy Kiwi Hostel, kalo di KL maunya di Sempurna Hotel. Nah beli hotel ini akhirnya ketunda gara-gara kerjaan dan persiapan wedding yang hectic secara kompak. Dan takutnya tiba-tiba cuti mundur atau apalah. Jadilah di Sleepy Kiwi penuh, oke cari-cari lagi. Dan akhirnya pilihan gw jatuh pada ABC Premium Hostel, review dan gambarnya bagus. Di KL gw jadinya di Hotel 99, pengen bagusan lagi. Secara di SG udh tidur hostel, di KLnya pengen yg bagus dong.

Lobi Hotel 99 Kuala Lumpur

Kamar-kamar di ABC Premium Hostel SG

1. Tiket USS
Gw beli tiket USS juga di Tokped, anaknya duta Tokped banget yaa hahah. Secara 585.000 udah termasuk voucher lunch sama merchandise gituu. Gw cek di webnya kalo ga salah SGD 68, mayan lah hemat 100rb.
  1. Transportasi
Dari hasil googling sih gw prefer ambil Singapore Tourist Pass (STP) biar fleksibel kemana-mana dan mungkin aja menghemat. Gw bilang mungkin karena di hari ke-3 gw cuma pake 2x trip, dan gw gak tau harga per single tripnya berapa. Jd STP ini kalo dipakenya cuma dikit ya rugi. Untuk KL ada tapping cardnya juga sih, cm gw gak terlalu googling bgt. Nanti deh tanya di stesennya langsung. Sebelum berangkat, gw download dulu peta-petanya di web resmi masing-masing biar dapet peta paling barunya.

Peta MRT di Singapore
Peta transportasi publik di KL

1. Uang SGD dan MYR
Gw nggak nyiapin uang-uang ini sama sekali. Gw berangkat dengan rupiah cukup, dan tanpa SGD sepeserpun. Gw lebih milih tarik ATM di lokasi tempat gw butuh duit, Lebih aman, nyaman, fleksibel, dan bisa jadi lebih murah. Asal jangan berkali-kali tarik, perkirakan aja perlu berapa ambil sekalian.
  1. Internet
Ini dia ketidaktahuan kami yang menyebabkan tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Gw googlingnya ke web provider lokal dan nyariin satu per satu harga internet LN-nya. Akhirnya gw tetep pake tri, berbekal info yang di dapet disini, kalo harga internet roamingnya lumayan murmer. 20ribu per hari untuk SG, dan 45ribu per hari untuk Sea Pass Combo (SG dan KL). Suami pake indosat, 25ribu per hari kuota 150MB dan 49ribu per hari kuota 100MB. Kami aktifkan paketnya waktu masih di bandara Hussein Sastranegara Bandung. Daaaan ternyata baik Tri maupun Indosat di Singapore tidak bersahabat pemirsaaah. Tri gw cuma bisa dapet sinyal H+ padahal HP udh 4G, dari 100% cuma bisa kerja 10% laaaah. Malah beberapa kali berasa HP tanpa koneksi internet. Indosat suami internet ga bisa total awalnya, pas diluar sesekali bisa. Fyi gw juga pake Simpati dan Simpati gw ga pernah dapat sinyal sodara-sodara. Untung aja di SG peta dan transportasi udah jelas kebaca. Kami sampe sempat nanya-nanya orang pas mau ke Masjid Sultan dari Stasiun Bugis karena map kami tidak bisa diakses sama sekali. kalau mau bikin IG story gw rekam dlu trs save videonya, gw upload di Hostel heheheheh. Jadi kalo ke SG mending beli perdana lokal saja ya.

Ga pernah dapet 4G selama di SG, H terus. Dipake map juga ga bisa.
Kiri : sinyal Tri. Kanan : Sinyal Telkomsel

Tapi eh tapi, pas kami perjalanan ke KL sms masuk ke Indosat, Tri, dan Simpati lancar jaya. Di Malaysia provider lokal kita bisa dipake apapun, internet aman. Cuma wkt itu gw ga ikutan aktifin internet karena pulsa gw kesedot hikss,, pas di SG nyoba data connection trs kena pulsa reguler. Toh ada punya suami jugaa.
  1. Tools yang gue bawa dari rumah
Ini nih pentingnya membaca dulu sebelum liburan. Bisa dibilang googling itu wajib kalo mau pergi ke tempat baru, apalagi beda negara tetangga. Dari hasil googling gw dapet info yang sebelumnya gw ga kepikiran, kayak gini nih :
a. Travel Adapter
Travel adapter is a must. Di SG colokan listriknya pake yg kaki 3. Cuma bodohnya gw ga bawa terminal paralelnya, padahal cm bawa 1 adapter dan perginya berdua sm suami. Jadilah gw bangun tiap 3 jam kalo malam, buat ngecas hp gw kalo penuh gantian sm hp suami, powerbank, sama kamera aaaarrrgghh. Di KL udh disediain adapter dari hotelnya, jd suami bisa ngecas sendiri pake adapter dari hotel, gw ngecas sendiri sm adapater gw. Jadi selalu bawalah sepaket adapter beserta terminal paralelnya.
b. Botol air minum
Harga air meniral botol 600ml di sevel antara SGD 2 sampe 3. Jd bawa botol ini beneran menghemat walaupun nggak signifikan ya. Cm ya nggak semua tempat (yg aku temui) ada pengisian air. Kami nemunya di Changi, Garden by the Bay, sm USS. Di Merlion sm Little India nggak nemu, jadi deh wktu itu beli minuman berdua kurleb SGD 4.
c. Obat-Obatan pribadi
Karena gw orangnya gampang masuk angin, tolak angin/antangin itu bawaan wajib gw kemana-mana. Trs gw jg bawa balsem buat pijit kaki. Vicks sedotan idung, obat flu, obat pusing, obat maag, hansaplast.
d. Print-print-an semua yg gw booking online
In case aja hp kami kehabisan batere, powerbank jg abis, orangnya udik, dll print reservation ini pasti bakalan kepake. Gw print semua tiket pesawat dan hotel gw, tiket USS, bus reservation (KL Sentral-KLIA), sekalian sm itinerarynya jugaa.
e. Handuk dan toileteries
Tiap kali gw pergi nginep di kota lain gw pasti bawa alat-alat ini. Kadang gw nggak srek sama handuk hotel, atau sikat gigi dan pasta gigi sekali pakai dari hotel. Apalagi di SG kami nginepnya di Hostel, perlu bgt lah ya. Dont expect to much.
f. Dokumen pribadi
Paspor (yaiyaaalaaah!) seenggaknya masih idup 6 bulan lagi. Gw juga bawa buku nikah yang masih baru itu, KTP, buku tabungan, SIM, dll
g. Payung dan Jas Hujan
Payung ini bukan gw bawa karena liburan aja, tp tiap hari. Bener aja di hari pertama gw nyampe SG langsung grimis aja. Trs di USS juga hujan agak lebat. Intinya sih di SG payung gw kepake bgt. Jas hujan gw bawa buat backupnya si payung, dan ternyata berguna buat main di USS. Disana jas hujan SGD 5 cuy. Gw beli 12rebuan di Alpamaret.

Day-1 (19 Agustus 2017)
Semalem sebelumnya kami tidur larut bukan gara-gara kesenengan besoknya mau pergi, tapi karena gw tipenya procastinator hahahah. Gw baru packing semalam sebelumnya, baru nyuci sepatu buluk yg terakhir dicuci setahun lalu 2 hari sebelumnya dan akhirnya semalam iketin talinya sampe tengah malem *hoaaam. Bangun pagi agak mager, tapi seneng karena mau liburan hahaha. Kebetulan suami tipenya jg gak jauh beda, tp he's better. Maunya 2 jam sebelum keberangkatan sudah di bandara -,-"
Tapi karena gw tipe perayu halus yg elegan, akhirnya molor juga tuh jam 6 baru berangkat *ketawajahat. Nyampe bandara sekitar 6.30 pagi, jd nunggunya gak lama lama banget. Check in lancar meskipun tiket beli di travel agent promoan, gw sbelumnya web check-in 2 hari yang lalu. Trs di bandara tinggal cetak boarding pass di mesin karena ga bawa bagasi, langsung masuk deh.
Di tengah perjalanan, dibagiin formulir imigrasi SG gituu. Diisi trs nantinya diserahkan ke petugas imigrasi di bandara.

Formulir imigrasi SG

Nyampe T1 Bandara Changi dengan selamat, alhamdulillah. Kami kemudian nyari ATM dulu buat tarik tunai uang SGD. Di T1 waktu itu ada ATM DBS, sm UOB. Gw pilih ambil pake DBS via kartu ATM BCA, tarik SGD 200 (waktu gw ngecek mbanking kepotong sekitar 1,9 tanpa biaya admin, mayan banget drpd nuker duit *mata ijo) Abis itu ke SkyTrain ke T2 Bandara Changi buat lanjut ke stasiun MRT, based on info yg gw dapet sih gitu.
Nah pas masuk imigrasi, ternyata kata petugas imigrasi yg bisa bahasa indonesia itu bahwa kami tidak perlu ke T2 buat lanjut MRT karena T1 juga sudah terintegrasi MRT (ini asli gw gak tau, ada info silakan di share)
Nah trs kami lanjut beli STP di stasiun MRT Changi, harganya SGD 30 udah termasuk deposit SGD 10 untuk 3 hari. Antrinya panjang bgt waktu beli STP, jadi kalo itinnya hari itu penuh ya siap-siap aja agak molor.
STP yg kami beli untuk 3 hari

Dari Changi ke Tanah Merah untuk kemudian kami lanjut ke Little India. Oh iya, MRT terdekat Hostel kami sih sebenernya Farrer Park, tp kami ambil Little India biar bisa mampir makan dulu. Walaupun pada akhirnya kami check in dulu ke hotel baru jalan lagi ke sekitar Lil India. Perjalanan kaki menuju hostel ditemani grimis agak banyak, jadi ya buru-buru deh menyelamatkan koper. Di ABC Hostel ada deposit SGD 10 per kamar, jadi berdua sm suami ya SGD 20 meskipun kamarnya ramean gitu. Dan yang paling nyebelinnya adalah kami dapet kamar paling dekat pintu, nggak nyaman banget apalagi loker koper di bawah kasur. Pas un/packing kejedot orang keluar masuk pintu.
Segera aja deh jalan keluar, sekitaran Lil India. Sambil liat-liat menu di pinggiran jalan Serangoon yg ternyata agak pricey harga makanannya. Kami berbelok ke Dickson Rd, banyak makanan dengan harga lebih murah. kami pun makan di lapak orang Indo yang sempat gw baca di internet, namanya Impian Wahyu. Gw mam Nasi Lemak SGD 3,5 dan suami nasi tahu goreng sekitar SGD 5. Tadinya mau nyoba nasgor sm miegor, tapi lagi kosong 😔

Ujung jalan Dickson Rd

Nah dari Dickson ini kami ke Merlion via Rochor station, turun di Bayfront. Bayrfront ini ternyata nyambungnya di lantai paling bawah Marina Bay Sand, dan jalan ke Merlion Parknya jauuuh *fiuh kalo dari Googl Map sih 1,7 km
Yawislah, kami jalan itu 1,7 km. Air botol udah abis, dan ga ada pengisian sekitar sana. Foto bentar di patung sama jembatan *khas orang Indo bgt ... tapi disana ga cuma orang Indo doang kok yg foto-foto narsis di patung singa muntah. Muter ke arah Garden by the Bay via Helix bridge, lewat Makansutra Glutton Bay beli es teh sm air mineral botol. yaaak akhirnya beli air juga yah 😐

Pemandangan dari Helix Bridge

Btw nyampe sini kaki gw udah capek bangeeet, jalan kayak nenek nenek hahah. Di Garden by the Bay, cuma liat Supertree Groove aja. Antriannya panjang pake banget buat naik ke jembatannya, jadi ya kami males. Balik lagi ke Bayfront lewat jembatan sambil liat Supertree Groove sedang bermain cahaya dan musik. Bagusss unch.

Supertree Groove

Lanjut ke Orchard road buat liat toko toko mevvah ala incesss. Pengen beli es krim SGD 1, tapi nggak ada. Mungkin karena udah malem ya. Yaudah nyobain Garret Popcorn aja di 313 Sommerset. Trus pulang ke Hostel dehh.

Garret Popcorn

Day-2 (20 Agustus 2017)
Awanya kami rencana ke Herderson Wave sebelum ke USS, secara kan sekalian ke Harbourfront. Tapi ternyata tuh ga bisa, semalem pada capek semua so ga bisa berangkat pagi. Untungnya sarapan udah dari Hostel jadi nggak perlu cari sarapan lagi.
Dari Farrer Park langsung ke Harbourfront, exit Vivo City dan milih jalan kaki via Sentosa Boardwalk. Alasan utamanya sih berhemat, karena jalan kaki lewat sini gratis. Trs sebenernya juga ada eskalatornya jadi ya jalannya cuma dikit.
Sentosa Boardwalk
udah nyampe sentosa island yeyyy

Nyampe depan USS, tinggal ngeprint barcode dari etiket yg udh gw print.  Oh iya karena hari itu hari Minggu jadi ngantrinya lumayan lama :(
Pertama kali kami naik Transformer. ANtrinya panjaaaang bgt, begitu mau masuk gedungnya udah degdegser. Eh ternyata di dalam gedung masih ngantri lagi :(
Si bumble bee lagi nongkrong

Ada sekitar sejam. Transformer ini kayak nonton 3D gitu, pake kacamata. Tapi sambil naik kereta, jadi lebi9h berasa real karena beneran maju mundur canttttikkk cantiiik. Paling enak duduk depan.
Abis transformer, kami cari makan siang. Makannya di area Jurrasic Park. Harganya lumayan lah, SGD 11.5 dapet voucher SGD 5 jatuhnya cuma SGD 6.5. Gw makan roasted chicken rice, si babang makan vegetarian noodle *ini lah kenapa banyak ibu ibu lebih gendut dari suaminyaWaktu kami masuk nggak terlalu rame walaupun udah jam makan siang, pas beres jadi rame bgt. Ternyata diluar lagi hujan :(
Roasted Chicken Rice yg udah 'termakan' hahah

Crispy Noodle Mushroom

Kabar baiknya jas hujan raskin dan payung gw kepake. Kabar lebih buruknya karena hujan lumayan gede banyak wahana dinonaktifkan, dan lokernya ikutan non aktif. Padahal maksud gw sambil nunggu hujan reda mau ngantri permainan indoor, eh lokernya ga bisa (beberapa wahana mewajibkan barang/tas masuk loker semua)
Btw untuk urusan loker ini, ada yg gratisan sementara, ada yg bayar, gw nyari yg gratis seterusnya tapi nggak ada LOL. Contoh nih, loker di human/cylop gratis 2 jam pertama, Mummy gratis 20 menit pertama, sedangkan di Jurassic Park 20 menit pertama aja udh SGD 4.
Kami main The Mummy return, nitip di loker Mummy return juga. Aantrian cepet sekitar 15 menit. Gamenya macem roller coaster tapi gelaaaap, jadi kita nggak akan tau lintasan depan kayak gimana. Trs ada lampu-lampu sama animasi sama suara-suara Mummy return gitu, kelaur dari sini mabok laaah si babang hehehe *istri jahat
The Mummy Return

Nah naluri (calon) ibu-ibu gw keluar dsni, gw nitipin di loker yg gratisan selama 2 jam buat main ke wahana lainnya heheheh. Gw nitip di lokernya human/cylon tapi main Jurassic Park. Sialnya antrian di Jurrasic Park itu 2 jam pemirsaaaah, dan total waktu kami di wahana ini 2,5 jam. Jadilah loker kami kena charge SGD 4 karena udah lebih dari 2 jam hiks hiks. Gw main Jurassic Park ini malah pusing, mending rolller coaster. Kapalnya jalan pelan tapi muter uhh. Trus papan pemberitahuannya game ini bisa bikin basah kuyup, jd pada pake jas hujan. Ternayata nggak sebasah yg gw kira. Ga pake jas hujan masih bisa selamat kook. Paling sepatu sama ujung celana aja.
Abis main ini kami jalan terbirit-birit laaah ke loker biar gak main banyak chargenya. Checkout loker, tarus register lagi pake jarinya si babang. Trus main ke Far Far Away, main di castle-castle itu yang ternyata adalah bioskop 3D yg membosankan buat gw. Trus main mini roller coaster yang ada di seberangnya.
Hayati lelah abis ngantri 2 jam

Karena udah mau tutup, antrian di Far far away cepet bgt. Malahan pas main di Madagascar ga pake antri langsung naik kapal. Fyi, Madagascar ini naik kapal trus melewati boneka-boneka geng Madagascar macem Istana Boneka di Dufan. Itu adalah wahana terakhir sebelum USS tutup, sebenernya masih bisa buat main cylon/human. Tapi apalah daya udah capek padahal cuma segitu ada. Energi dan waktu gw abis buat ngantri di Jurassic Park.
Trus keluar, dan baru nyadar kami belum foto di bola dunia USS. Karena hari udah malam, dan kamera tidak mumpuni kami pun gagal foto di bola USS yg khas ituu di malam hari. Gapapalah, yg penting ada foto di dalemnya.

Pemandangan Sentosa Boardwalk malam hari, bagus!

Kami jalan lagi ke Harbourfron MRT menuju Bugis, mau makan di Kampung Arab.
Keluar dari Bugis MRT, jalan menuju Raffles Hospital. Nanti sehabis Rafless Hospital udah keliatan masjid Sultan di pinggir jalan Arab Street. Eh laaadhalah ternyata njeketek... restauran Zam Zam yang sering aku baca reviewnya itu pas di seberang Masjid Sultan. Kami pun makan disitu. Dari kemarin pengen Chicken Briyani, tapi mahal mulu jadinya makan nasi lemat teros. Disini Chicken Briyani Rice SGD 6.5 banyaaak bgt dan enak. Gw aja ayamnya aja nggak habis, laaah si babang aja lakik juga nggak habis saking banyaknya. Si babang pesen Beef Briyani, dengan harga dan porsi yang sama. ABis makan kenyang, ngantuk.
Penampakan warung-warung depan Masjid Sultan
Chicken Briyani dan Beef Briyani

Kami pun pulang dengan semangat segera bertemu bantal. Pas mau ke Bugis, ternyata nemu Bugis Street yang tempat beli oleh-oleh itu. Tadinya kirain di gang-gang macem Lil India ternyata kayak pujasera gittu kumpulan pedangan di satu tempat. Oke besok kesini sebelum ninggalin Singapore.

Day-3 (21 Agustus 2017)
Hari ini packing dan segera ke Bugis pagi-pagi. Jangan lupa ambil deposit SGD 20 di resepsionis. Dan ternyata Bugis belum buka sodara-sodara. Kami pun jalan ke Masjid Salman, di Kampoeng Glam. Fyi semalem itu kami nyariin Kampong Glam Cafe, dan baru ketemu pagi ini :|

Sultan Mosque
Kampoeng Glam

Jalan-jalan ke Haji Lane yang lagi hits ituu. Pas balik ke Bugis street udah buka horayyy. Di pintu masuk kami langsung tergiur juice SGD 1 dengan warna-warni yg memikat. Didalam Bugis street sebagian besar menjual dengan harga grosir misal gantungan kunci SGD 10 for 24 pcs. Magnet kulkas SGD 10 for 4. Pdahal gw sih cuma beli sebiji dua biji aja buat dirumah sendiri, oleh-oleh buat temen mau beli coklat aja.
Pas jalan agak ke belakang ada jugaa yg jual satuan. Dan pas jalan ke belakang lagi ada toko ABC The Cheapest Store in SIngapore which is rak-raknya dipenuhi label SGD 1. Woaaaaa... WARNING!! Belanja disini hati-hati ilang kendali!!!
Katanya sih cheapest store (?)

See!! Bikin lupa darat

Gw beli coklat batangan, coklat bungkus kecil-kecil yg harga sebungkus besar SGD 3.8 *pas balik ke Bandung ternyata dijual di Riau Junction $40 ribu :|
Tim tam *yg ternyata setelah dibaca adalah produk Bekasi :|
dan fish snack *yg ternyata produk Malaysia. Oke di Malaysia gw gak beli oleh-oleh lagi :|
Gw juga beli kaos karena emang niatnya gw mau pake baju oleh-oleh buat jalan, jadi nggak bawa baju banyak adri rumah. Abis itu lanjut ke Lavender MRT buat beli tiket bus ke KL di Golden Mile Complex. Dari Lavender ke Golden Mile Complex sebernernya nggak jauh-jauh banget, cuma karena nggak keliatan jadi agak bingung juga. Jangan lupa refund STP di Lavender, lumayan deposit SGD 20 balik. Bye Singopre

Golden Mile Complex

Tiket Bus SG - KL by Sri Maju

Di Golden Mile Complex kami beli tiket bis Sri Maju ke KL seharga SGD 18 per orang,  berentinya di Terminal Bersepadu Selatan (TBS) dan Garden Swiss Hotel. Info dari seller Sri Maju sih TBS jauh dari Hotel 99 KL yg udah gw booking, perlu naik taksi ke tengah kota. Pas di cek dari Garden Swiss Hotel ternyata Hotel 99 ada di jalan yg sama cuma jalan kaki 600 meter. Alhamdulillah ..
Sambil nunggu berangkan jam 14.30, si babang jalan ke Golden Mile Foodcourt buat beli makanan dan minuman. Secara kalo gw ikutan kopernya aja ada 2, sedangkan Golden Mile Complex ini kudu lewat JPO aksesnya. Dan si babang ngebeliin Roti John. Enak roti campur martabak gitu rasanya. Disini  banyak money changer gitu, tapi gw keep SGD gw ntaran aja dituker.
Ok jam 14.30 berangkat ke KL. Hikss sedih ninggal Singapore. Perjalanan ke KL 2x turun cek imigrasi. Pertama kali cek imigrasi keluar Singapore. Kami turun bis nih, langsung aja lancar. Pas masuk Malaysia, udah nyampe atas diteriakin disuruh balik buat ambil koper. Ternyata masuk Malaysia koper di bagasi bis dibawa semua hehhe.
Di imigrasi Malaysia ditanya-tanya pake bahasa melayu. Serius gw ga paham, mending bahasa inggris sekalian. Petugas sempet nanya "nakmane" *sedengernya gw aja ya. gw nangkepnya "no money" yaiyaaalah siapa jg yg mau kasih uang. ternyata dia nanya gw mau kemana, setelah panjang lebar ngejelasin. skip skip skip gw lanjut perjalanan. Nah sepanjang perjalanan banyak sms masuk dari Telkomsel sama Tri, pdahal di SIngapore kemarin babak belur. Gw kemana-mana tanpa map :(
Yg daftar paketan akhirnya si babang aja, udah gw mah ngikut doang. SKip skip gw nyampe Swiss Garden Hotel dan jalan kaki tinggal lurus aja 600 meter, trus nyebrang deh di Hotel 99. Di hotel ini deposit MYR 50, cuma karena kami belum ambil uang jadi depositnya SGD 15. Nah petugas hotelnya bisa bahasa Inggris nih enak komunikasinya.
Hari udah jam 9 malem aja, tapi masih belum ngantuk karena di bis udah tidur lamaa. Lanjut deh abis cekin hotel, kami jalan ke Masjid Jamek stesen buat menuju KLCC. Perjalanan ke masjid Jamek kami mampir ke Sevel pengkolan jalan besar Pudu buat ambil uang MYR. Kami ambil MYR 200 *pas udah dirumah cek M-banking kepotong 633ribu ditambah biaya admin 20ribu* di ATM bersama Sevel.
Lanjuuut ke Masjid Jamek. Petugas loket standby biarpun udah malam, pas mau beli kartu Touch n Go kata mbaknya mending beli koin sekali jalan aja lenih murah kalo buat pelancong. Kamipun ke mesin koin RapidKL, ternyata memang mudah dan murah. Pertama kita pilih linenya dulu, baru kemudian pilih stasiun tujuan. Keluar nominalnya masukin deh uangnya. Pas mau masukin uang ternyata mesin cuma bisa nerima pecahan maksimal MYR 5, pas nanya ke petugas loket ternyata mereka standby pecahan kecil buat tuker.
MRT di Malaysia nggak jauh beda sama Singapore kok, cuma dia gak ada STP aja. Trus ada line yg kudu transit ke moda transportasi lain kayak LRT atau KTM.
Nyampe di KLCC stesen, ternyata lokasinya ada di basement Suria Tower. Jalan dikit banget aja udah nyampe menara kembar yg terkenal itu, Petronas Twin Tower. Foto-foto disana ala pelancong dulu. Sempet masuk si babang pengen naik menaranya, tapi udah tutup jam berkunjungnya. Fyi naik menara kena biaya MYR 30. Yaudah balik lagi aja pulang.
Masu masuk Twin Tower? Nih biayanya..

Turun Masjid Jamek stesen ke Hotel lewat tempat makan yg ramee bgt, namanya President Corner. Menunya banyak dan murah, makanya rame. Kami sampe dapet meja diluaran restoran waktu itu. *Pd akhirnya perjalanan singkat kami di Malaysia langganan restoran ini
Penampakan President Corner
Menu President Corner

Chicken Murtabak dan Kwe Tiow Goreng

Kami pesan Kwe Tiow Goreng sama Murtabak Ayam plus kuah kari. Makan, ngobrol , nggak berasa udah jam 1 dini hari. Udah kenyang pake banget, jalan ke hotel bentar. Dan Zzzzzzz....

Day-4 (22 Agustus 2017)
Well sesuai jadwal, pagi itu jadwalnya kami ke Batu Cave. Tidak lupa sarapan dulu di President Corner lagi, makan roti canai keju sama nasi goreng pataya.
Canai Keju dan Nasgor Patayya

Dari masjid Jamek naik MRT ke KL Sentral, lanjut ke KTM menujut Batu Caves. Nahh ini pindah dari MRT (bawah tanah) ke KTM (komuter/rel kereta tanah). Awalnya kami juga bingung, kok jurusan Batu Cave ga ada di mesin koin. Ternyataa...
Beda banget, naik KTM tuh lama nunggu dan lama di perjalanan. Makanya doain semoga MRT dan LRT jakarta segera rampung biar ibukota ga macet, nggak cukup hanya bergantung ke komuter.
Untuk ke Batu Cave tinggal jalan kaki aja dari batu Cave stesen, langsung sebelahan. masuknya gratis, disini banyak orang India gitu jualan makanan, souvenir, kalung bunga, dll. Di depan patungnya banyak banget burung merpati, kami beli makanan burung untuk bermain bersama burung-burung itu. Lucu.

Banyak bangeet burungnya

Batu Caves

Kami memutuskan untuk nggak naik tangga, karena besok udah pulang jadi waktu singkat dipake buat ngunjungi yg lain aja.
Pas kami ke KL ini kebetulan Malaysia lagi jadi tuan rumah Sea Games ke 29. Sedikit merubah itinerary dadakan, kami pun pergi ke Bukit Jalil Stadium buat liat Sea Games. Dari Batu Cave turun ke Putra, lanjut ke LRT menuju Bukit Jalil. Di Bukit Jalil Stadum rame bgt, lagi banyak pertandingan. Lumayan lah kami dapat milo gratis hehhe. Liat cabang atletic bentar karena tiketnya gratis.
Btw ini tiket MRT/LRT/KTM. Bentuknya sama
Sebelum matahari ilang, kami segera ke dataran Merderka. Lagi-lagi tidak beruntung karena sedang ada event, sepanjang gedung ada tenda hiksss. Fotonya nggak maksimal deh, lanjt bentar ke KL City Gallery. Trus ke Central Market, bukan beli oleh-oleh tapi beli es krim Milo dan Kitkat qwqwqwq

Milo dan KitKat Ice Cream

Dataran Merdeka alias Merdeka Square

Abis itu ke Petaling Street, beli oleh oleh kecil-kecilan. Tadinya mau makan deket hotel aja karena capek. Tapi kata si babang gppa sekalian aja ke Bukit Bintang. Kami naik bis GoKL yg gratisan ituuu dari Petaling pake jurusan Pasar Seni ke Bukit Bintang. Nunggunya di Halte Bangkok Bank deket Petaling.
Petaling Street

Bukit Bintang tempat shopping mevvah banget ala incess, kayak Orchard Roadnya Singapore. Malah lebih rame Bukit Bintang waktu itu. Turun dari GoKL, jalan sebentar menuju Jalan Alor. Dan ternyata disana jarang banget makanan halal pemirsaaaah, ada satu dua tp menunya dikit. Padahal maunya Hainan Chicken Rice yg terkenal itu *hp si babang lagi off keabisan batre, ga bisa buka map. Pas ngecek ternyata hainan Chicken Rice lokasinya di Bukit Bintang, bukan di Jalan ALor. Hampir aja makan KFC, tapi ga jadi mau nyari makan sekitar hotel aja.
Dari Bukit Bintang turun ke Paasar Seni, lanjut ke Masjid Jamek. Si babang pengen sholat di masjid bagus ini sebelum besok pulang. jalan ke hotel ada streetfood gitu, mampir di kedai Tom Yam gitu deket hotel. Babang beli nasi goreng apa gtu lupa, gw beli maggy soup. Ternyata maggy soup ini mie instan kari ditambah sayur-sayuran -,-"
yaudalah laper mah makan aja.

Day-5 (23 Agustus 2017)
Huaaaa hari terakhir. Hari ini langsung checkout hotel, ambil deposit gw SGD 15. Trus ke Masjid Jamek buat ke KL Sentral. Perjalanan ke Masjid Jamek kami beli sarapan pinggir jalan yang dibungkus bwt sarapan di jalan. Nasi lemak sama mie goreng aja. Sesampainya di KLSentral, langsung turun ke basement tempat bus-bus. Ada deh disana bus airport coach yg udh gw pesen online. Tapi makanan ga boleh di makan di bus, bahkan kudu dititipin. So gw makanan nasi bungkusnya di KLIA 1.
Dan ternyata makann di KLIA ga semahal yg kami kira, hiksss. Harusnya beli disana karena kami belum coba nasi kandar. Pesawat pukul 13.20 kami udah dateng sejak jam 10.00. Jadi liat oleh-oleh dlu sambil nunggu gatenya dibuka. Trus kami nukerin sisa uang SGD dan MYR di kedatangan KLIA1. Hiksss dibeli murah. Nukerin duit gini ga bisa koin, tapi krn masih di KLIA koin MYR masih diterima, tapi koin SGD gw ga bisa. Mikirnya drpd di Bandung makin dapet dikit karena koin ga bisa dituker yaudah gw tuker aja sekalian. Uang gw 81 MYR dan 15 SGD dibeli 333.000 *beberapa hari setelahnya nyesel kenapa tuker di bandara. Harusnya gw tuker di Bandung aja karena dibeli dg nilai yg lebih bagus. sementara nilai koin MYR gak signifikan huhuhuhu
Trus kami check in di gate E, dibilang jam 11.20 boarding ya. Jam 11.15 udah boarding, eh ngantri imigrasinya lama. Sampe kami kena final call.
Btw Malindo yg harganya sama dengan harga berangkat dapet full service. Alhamdulillah.
Hamdallah dapat makanan

Begitulaaah cerita kami honeymoon semi backpacker kamiii. Semoga menginspirasi ya.
Ini gue kasih itinerary sesuai janji diatas biar nggak PHP heheheh.

itinerary and budget

1. Replies
    1. Bisa dilihat di gambar terakhir bujetnya detail n lengkap, tinggal di zoom aja

2. Btw makasih banget, infonya bermanfaat buat jadi referensiku karena tahun depan mau kesana juga...

1. sama sama kak,
      jadinya gimana kak? jadi berangkat?
      stay save yaaah

story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates