Saturday, September 28, 2013

Untuk mengisi weekend dan mumpung ada sisa uang jajan, ak pengen bikin cemilan buat keluarga dan si panda. Maklumlah, orang nggak bisa masak kayak aku perlu sekali-sekali bikin makanan biar melatih insting memasak. Ak putuskan buat bikin bola-bola coklat marie, karena enak, bergizi, dan mudah.

Bahan yang dibutuhkan :
2 bungkus marie susu
1 bungkus besar susu kental manis coklat
kacang tanah secukupnya
papercup cake ukuran paling kecil

Cara membuat :
1. Siapkan kacang untuk taburan bola terlebih dahulu. Bisa diganti dengan meses, coklat masak, rice crispy, atau yang lainnya sesuai selera. Disini ak pake kacang tanah selain gampang dapetnya juga memberikan rasa gurih yang kuat diantara rasa manisnya coklat yang dominan. Okee, goreng kacang tanah tanpa minyak goreng atau beberapa tetes saja alias disangrai. setelah nampak coklat kehitaman angkat kacang, tak usah khawatir akan warna gosong yang hitam-hitam. Karena selanjutnya kulit kacang akan dikupas sehingga kacang menjadi berwarna putih kekuningan dan berasa gurih renyah tanpa minyak. Hancurkan kacang hingga remuk, tapi masih kasar. Jangan terlalu halus karena kita akan bikin taburan bukan bumbu pecel hehe.
2. Remukkan roti marie, dai berbentuk bulat pipih menjadi halus seperti tepung roti. Kali ini harus halus karena akan mempermudah proses pencampuran. Setelah halus, masukkan susu kental manis perlahan sedikit demi sedikit hingga habis. Adonan menjadi elastis dan tidak lengket, serta bisa disentuh.
3. Diamkan beberapa saat di dalam kulkas. Keluarkan dan bentuk adonan menjadi bulat-bulat, oleskan dengan sedikit susu kental manis agar kacang dapat menempel lebih keras. Oleskan hanya disisi atas tempat ditaburkan kacang. Kemudian taburkan, atau gulingkan dalam wadah yang berisi kacang.
4. Tempatkan di papercup dan simpan di lemari es sampai mengeras.

Hasilnya





story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates