Wednesday, October 10, 2018

Setelah gw full rehat dari kefanaan duniawi *tjiaaaah* 
gw pengeeen banget ngeshare semua cerita gw selama kehamilan, lahiran, dan kejadian-kejadian pasca lahiran. Selama 3 bulan gw cuti kerja gw bener-bener jauh dari kehidupan awal gw, ya agak lebay emang. Tp begitulah yang gw rasain. Gw bener-bener full wara-wiri rumah sakit di rumah, ngerawat bayi, sambil menunggu suami pulang. Cerita gw di blog sebelumnya tentang pernikahan 4 kota belum juga gw rampungin. Padahal nikahnya udah setahun yang lalu, udah kebelet sharing tentang lahiran. Hehhehe maapin yak

Gw ceritanya nggak langsung tentang lahiran ya, tapi dimulai sejak awal kami menikah. Ada meaning yang akan gw share bagi pengantin baru yang masih muda kayak kami. Ada meaning bagi keluarga baru yang sedang mencari jalan bagi masa depan rumah tangga.

Oktober 2017 :: Euforia pengantin baru dan tes CPNS
Gw masih dalam tahap euforia pernikahan gw, bukan yang hura-hura yak. Tapi lebih ke menikmati super quality time tiap hari sm suami (paham yah mksdnya? :D) Ya maklumlah kami baru 2 bulan menikah. Setelah nikahan gw nggak langsung pasang KB, gw masih parno sama yang begitu-begitu. So kami pake kalender aja, gw instal tuh aplikasi MyPeriod di Play Store.

Anw akhir tahun 2017 tuh lagi rame-ramenya penerimaan CPNS, oprec besar-besaran. Nah berhubung suami gw udah stuck sama kerjaan lamanya dia memutuskan untuk resign setelah kami menikah, beberapa kali dapet kerjaan sebenernya belum memenuhi ekspektasi gw dan suami. Nah suami pun ikut turut meramaikan bursa penerimaan CPNS. Kebetulan formasi yang dibuka buat jurusan suami gw lagi banyak juga jadi banyak pilihan dan kesempatan terbuka lebar.

Gw sempet mengalami jadi single fighter. Ya!!! Gw kerja disaat suami gw resign dan belum dapet kerjaan barunya. 

Alhamdulillah dengan kondisi keuangan kami, keadaan tersebut sebenarnya sama sekali bukan masalah. Gw nggak ngerasa jadi tulang punggung keluarga, dan rejeki rupiah dari kerjaan gw alhamdulillah cukup untuk kehidupan kami berdua. Intinya sih jangan sampe menikah itu modal ngutang, nikahlah sesuai budget karena ada kehidupan setelah nikah. Dan bener aja, setelah nikah gw nggak ada utang dari pesta nikahan gw, duit angpo full masuk tabungan kami. Duit tunjangan dari kantor buat jalan-jalan ke Singapore dan Malaysia. Kami memulai rumah tangga dengan baik. Tetapi... suami tetep aja laki-laki. Dia punya ego. Dia menikahi gw untuk menghidupi gw dan anak-anak gw nanti. Dia maunya segera dapet kerjaan dan duit tentunya buat gw. Gw maunya dia cari kerjaan seapik mungkin, harapannya sih biar nggak resign-resign lagi. Untungnya walaupun kami berbeda keinginan, suami gw selalu bilang ke gw dapet panggilan dari mana aja, offeringnya gimana aja. Nah tentu aja gw pengen suami gw dapet kerjaan yang lebih baik dari gw.

Ada suatu masa dimana kami bersama-sama ke Jakarta, gw dinas dan dia mencari kerja di ibukota. Bagi kami itu adalah masa-masa emosyenel, perjuangan lahir batin meraba masa depan rumah tangga di tengah kerasnya kehidupan hehehhe

Sampai ketika suami gw mendapat tawaran dari sebuah konsultan di Jakarta. Bahagia sih, tapi hati ini nggak bisa bohong kalo masih ragu. Memang yang ditawarkan lebih rendah dari harapan gw tapi hal yang lebih berat adalah gimana seorang suami dan istri berpisah kota. Bagaimana gw seorang istri membayangkan kehidupan suami gw yang harus stay di Jakarta dengan segala harganya yang mahal, sementara dia juga ngasih nafkah ke gw. Bagaimanapun juga kami adalah newcomer di dunia kerja, kami bukan pro-hire yang dapet kerja langsung digaji banyak. Gw pun meminta suami gw buat fokus tes CPNS, dengan kata lain mereject offering itu. Sangat berat memang buat suami gw, terlebih buat gw karena ngasih saran kayak gitu. Gw emang tipenya ambil resiko, pernah suatu saat gw banyak bohong dan bolos di kantor lama. Mengorbankan image gw di depan atasan dan temen-temen kerja gw demi tes rekrutmen kerjaan sekarang. Tesnya tuh bertahap-tahap dan marathon ala rekrutmen BUMN pada umumnya, Daaan hell yeaaahhh... gw ambil keputusan yang tepat. Gw diterima di kerjaan baru, setelah sebelumnya gw disodorin mutasi ke posisi yang nggak lebih baik dari sebelumnya. Gw pun resign dengan senyum lebar. Balik lagi soal kerjaan suami gw. Dia nerima saran gw. Bisa bayangin kaan betapa ngerasa bersalahnya gw ketika nanti suami gw nggak lolos CPNS, padahal udah ngereject kerjaan yg udah pasti??

Keputusan udah diambil, kami harus serius belajar biar suami lolos tes. Kami bukan ambi harus banget kerjaan PNS,, bukan. Suami gw pengen kerjaan yang sesuai latar belakang penddidikan dan passion dia. Gw dukung banget!! Setiap malam pun kami  belajar tes-tes CPNS. Alhamdulillah juga suami gw tipenya pekerja keras, ngotot kalau dia udah ada niat kuat. Tahap demi tahap dilalui, nggak gampang menurut gw. Mulai dari pendaftar awal yang angkanya jutaan, sistem SSCN yang naik turun. Suami gw di tahap pertama aja yang tadinya tes hari Senin molor sampe hari Selasa. Untung di Bandung, nggak sampe keleleran cari hotel kayak peserta lain. Itupun yaa malem hari. 
Bisa gak lo bayangin tes malem hari setelah 2 hari bejubel bersama ribuan kandidat lain?? 
Apa nggak luntur itu hasil belajar selama ini??
Apa masih fokus??
Apa nggak capek ati dan fisik??? 
Sampe banyak kandidat rela pulang dengan tangan kosong, alias belum tes karena ambil cuti kantor cuma sehari. Gw ada tuh pulang kerja niatnya ngejemput, jadi nungguin sampe jam 10 malem. Tapi memang tak ada hasil yang mengkhianati usaha. Suami gw lolos tahap pertama, satu dari belasan atau puluhan nama yang tertulis warna hitam di pengumumannya, diantara ribuan nama yang tertulis dengan warna merah. Alhamdulillah

Ribuan peserta CPNS bejubel


Tes selanjutnya lebih mudah karena nggak bejibun banget. Suami gw harus tes bidang di BKN Surapati Bandung deket kantor gw. Dan beberapa minggu kemudian wawancara di Kanwil Kumham Jabar. Alhamdulillah juga dapat dilewatinya dengan baik. Usaha yang kami lakukan dengan penuh keringat ini akan ditentukan hasilnya awal bulan November.

November 2017 :: Double Jackpot
Bulan ini harusnya kami menantikan hasil dari usaha kami untuk lolos penerimaan CPNS. Tapi ternyata ada kabar yang hadir sebelum dinantikan. Gw terlambat haid. Sejujurnya kami masih belum ada rencana memiliki anak segera dengan keadaan rumah tangga yang serba belum pasti. Apalagi kami merantau. Jauh dari orang tua dan mertua. Gw sih masih berpikiran bahwa gw kecapekan, banyak pikiran. Gw selalu minum soda sebagai pelancar haid. Entah coca cola, fanta, sprite. Tapi sprite paling makjoss buat gw, biasanya nggak lama setelah minum langsung dapet. Hari-hari itu gw banyak konsumsi biar cepet haid. Badan gw udah pegel bgt. Tapi tak kunjung muncul juga. Akhirnya memutuskan untuk 'double attack', soda+renang. Harapan gw renang semaksimal mungkin sampe capek abis tenaga gw. Biasanya ini juga ampuh buat memanggil si mbak bulan yang kali ini tak kunjung datang. Kamipun ga bisa bohong dg perasaan was-was terutama gw. Kebahagiaan karena suami berhasil melewati tes dengan lancar sempat membuat gw lupa sama aplikasi MyPeriod *iykwim

Kamipun mampir ke apotek buat beli tespek 4 rebuan, siapa tau bisa membantu menjawab perasaan was-was kami. Dan bener ajaaa,, malemnya gw tes langsung 2 garis. Padahal instruksinya nunggu pagi biar hasilnya terang karena kadar HCG pagi hari masih tinggi. Lah hasil gw yang malem hari aja udah 2 garis jelas. Paginya gw tes lagi, 2 garis lagi nyata terang-benderang terpampang nyata!! Suami gw kan belum kerja :(

Gw pake onemed (Gambar dari Google)


Maafkan bundamu nak, bunda nangis saat itu. 
Pasangan mana sih yang nggak pengen anak, tapi bagi kami ini terlalu dini. Semuanya belum siap. Tapi mungkin Allah menganggap kami siap. Dan kami mampu.

Gw perlu beberapa hari buat nerima kenyataan gw hamil. Gw sampe kebawa kantor, kadang tiba-tiba netes aja gitu. Bayi ini pasti gw rawat, pasti. Dengan smua keterbatasan kami. Gw pengen segera tau aja hasil dari tes CPNS suami gw, secercah harapan masih ada.

Dan hari itu tiba. Sekitar 4 hari setelah gw dapet 2 garis, hari pengumuman pun tiba. Kayak biasa laaah servernya agak lemot, mungkin banyak orang ngerefresh-refresh kayak gw. Di hari itu suami gw nggak di rumah, dia melanjutkan untuk cari kerjaan setelah semua tes ini terlewati. Sampe tengah malem pun masih belum ada. Sampe jam 2 dini hari, pengumuman udah ada. Tp susaaahnya warbyaasaaa buat di akses. Maunya sih tidur dan ngecek lagi ntar pagi. Tp gw ga bisa bobo coy... Terus refresh walaupun gagal maning gagal maning. Sampe ada orang baik hati ngeforward pdf pengumuman itu ke grup telegram pejuang. Nama suami gw ada 😭😭😭😭
Air mata tiba-tiba netes. Suami gw diterima, setelah 4 hari yg lalu gw dinyatakan oleh testpack hamil 😭😭 Allahu Akbar.. Keajaiban memang.. Alhamdulillah...
Rencana Allah sungguh luar biasa, tidak bisa diperkiraan seperti hitungan matematis manusia. Dia menitipkan janin kepada kami beserta rejeki untuk janin itu melalui pekerjaan ayahnya.

Kebesaran Allah itu nyata adanya




Selanjutnya :
My Prenancy and Delivery :: Seputar kehamilan (Part 2)

story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates