Thursday, October 11, 2018

Seminggu  itu adalah penantian yang lama bgt buat gw. Nah sempet tuh hari Selasa (3 Juli 2018) malam kalau nggak salah, keluar macem ingus agak pink-pink gitu. Perut kram juga. AKhirnya pas suami pulang langsung ke IGD Kebidanan Borromeus. Setelah dicek ternyata belum ada bukaan, baru seujung jari. Harapan gw kan setelah tau kalau belum bukaan gitu kan yaudah aja pulang. Ternyata disuruh nginep sampe besoknya, dan gw dicek bukaan setiap 4 jam sekali *pengen nangissss... fyi cek bukaan disaat masih awal tuh sakiiit rasanya. Gw masuk IGD sekitar jam 9 malam dan baru diizinin pulang sekitar jam 1 siang besoknya setelah ketemu dokter. Dan itu berkali-kali cek bukaan, alias banyak dicolok hiksssss. Hasil dari cek juga sudah ada kontraksi tapi gw belum berasa, mugkin masih dalam tingkat rendah. Sbenernya ibu gw udah pesen kalo belum sakit bgt gak usah ke rumah sakit daripada banyak tindakan yang sebenrnya nggak perlu, biar nggak terlalu lama juga disana. Yahhh tapi gw dan suami udah keburu khawatir sama bayi. Lah gimana udah mendekati HPL dan juga terakhir posisi masih belum turun panggul.

Nah jadi... buat bumil-bumil yang sedang penantian mendekati HPL, pesan itu bener bgt. Jangan ke Rumah Sakit kalo belum sakit bgt!! Serius gw nyesel. 

Sepulang dari Rumah Sakit hari Rabu siang (4 Juli 2018), besoknya Kamis malem (5 Juli 2018) ke Jumat tuh gw nggak bisa tidur sepanjang malam. Perut gw kram ilang timbul gitu dan itu terus terusan sampe pagi. Gw turun dari kasur terus keluar, jongkok nahan sakit sambil bersandar di kursi tamu. Gw tau beberpa hari itu ibu gw juga nggak pules tidur. Tiap gw sakit dia bangun nemenin gw. Katanya itu sinyal dari si bayi yang udah mau keluar. Dia wanti-wanti lagi, selama bisa ditahan jangan ke Rumah Sakit dulu.
Jumat (6 Agustus 2018) yg mana ini udah H-1 HPL, udah makin campur aduk perasaan gw. Gw minta suami gw cuti dan nemenin gw jalan kaki sebanyak-banyaknya hari itu. Gw makan nasi padang sebanyak gw suka, gw makan duren sebanyak gw suka. Kami kemudian jalan ke PVJ sampe malem. Setiap kramnya dateng brenti jalan terus senderan apa aja yg bisa disenderin. Kram gw masih ilang timbul kayak semaalem.
Nah besoknya nih, Sabtu 7 Juli 2018 dimana tepat HPL anak gw dan tepat juga jadwal kontrol gw ke Borromeus. Malemnya lagi-lagi gw susah tidur sepanjang malam karena kram yang ilang timbul, level kramnya meningkat juga. Pas dicek perutnya sama bidan katanya perutnya keras, kayaknya udah kontraksi. Yaudah gw kasih tau kalo hari ini tuh HPL, terus udh 2 malem susah tidur karena kram. Langsung deh sama bidannya disuruh turun ke IGD Kebidanan. Damn... gw dicolok-colok lagi dong!!!! Yaudah gw turun, trus dicek udah bukaan 3 katanya. Wow!!!! Seneng sih, tp gw mikir jgn2 masih lama juga, misal 2 hari lagi baru lahir terus selama 2 hari itu gw dicolok-colok. Kram perut gw makin kenceng nih, sampe pencilakan gw di atas kasur IGD itu nyari posisi yg enakan yg kramnya jd nggak terlalu berasa. Gw disarankan banyak jalan biar makin cepet bukanya. Sakit sih, cuma masih kuat jalan-jalan nyari jajan di luar IGD (tapi masih area Rumah Sakit). Fyi di Borromeus tuh banyak jajan dan makanan gitu, mau thai tea ada, chicken salted egg ada, Calais ada, Hokben ada, dll. Bagi gw ini nilai plus bgt secara gw doyan jajan. Jalan kaki muter-muter cari jajan gitu bikin gw happy, jadi ya sakit sakit kram bisa ditahan. Abis jajan sekitar jam 1 siang, dicek bukaan lagi udah bukaan 6. Yeeaaay!!!! Pantesan diatas kasur tuh udah jingkrak-jingkrak, kramnya udah bangeeet. Gw pun dibawa ke ruang bersalin, sekitar jam 2an siang.
Sorenya pas dicek bukaanya belum nambah, sama dokter dikasih infus induksi biar cepet nambah kayaknya. Setelah diinfus tuh rasanyaaaaa hemmm... makin super kramnya. Gw sampe keluar suara-suara gitu yg tadinya diem. Makin malem makin warbyasaaaah kramnya, saking warbyasahnyaaa yang ada dipikiran gw malah gw mau operasi aja gw mau sesar aja. Berasa mau mati, berasa nggak sanggup gw kramnya sampe ubun-ubun. Abis maghrib dicek masih bukaan 8, Masyaaa Allah. Ketuban gw yg masih utuh dipecahin manual, syuuuuur kasur gw basah banjir bgt. Udah diinduksi dan udah pecah ketuban itu macem dobel sakitnya.. makin-makin meningkat lagi level kramnya.

Sabar ya Bu, kita belajar posisi melahirkan dulu. Semoga malem ini jam 8 atau jam 9 udah lahir.

Seenggaknya gw lega tau dia bakalan lahir hari ini. Gw pernah tuh nyeplos asal, kalo harus operasi caesar karena sungsang ataupun nggak turun panggul, mending dijadwalin 7 Juli aja biar bagus tanggalnya. Dan bener aja 7 Juli malam itu jadi malam hidup mati buat gw. Nunggu bukaan 10 tuh dimana waktu 1 menit berasa 1 bulan. Beneran.. sakitnya bangeet dan lama. Gw nggak tau kapan sakit ini bakal brenti. Pikiran gw udah yang penting anak gw lahir dan gw segera nggak ngerasa sakit lagi. Gw nggak ngeliat jam lagi, yang jelas pas dokter udah masuk lagi katanya udah bukaan 10. Gw masih belajar posisi dan cara ngeden sm bidan sembari dokternya siap-siap. Gw tuh kan udah ikut senam hamil udah diajarin juga, pas dicek jd udah bener. Entahlah saat itu gw lupa semuanya, kayak baru belajar lagi. Berkali-kali salah dan gagal gitu. Dokter udah siap nih pake sarung tangan. Pas kontraksi yg luar biasa dahsyat itu datang, gw disuruh ngeden. Terus abis nafas gw, istirahat, dateng lagi, ngeden lagi, sempet gitu beberapa kali. Sampe pas ada dateng lagi, ngeden lagi, nafas gw udah sambung-sambung, dan dibantu bidan dorong dari atas. Akhirnya keluar juga isi perut gw. Gw liat sendiri bayi gw yg masih putih-putih basah kuyup dibawa suster keluar dan suami gw ngikutin bayinya. Finally... lahir juga. Dan sakit kontraksi itu bener-bener ilang gitu aja. Nggak sisa.
Saking leganya yah, ngeluarin ari-ari tuh gw nggak berasa apa-apa. Dijahit sama dokter juga gw anteng, diem pasrah. Udah macem mati rasa gitu, lemes tapi masih idup. Btw sampe lahiran gw dibantunya sm dr. Maximus, enggak ganti-ganti lagi hehhe.
Abis jahitan beres gw dibersihin sm susternya, dimandiin pake lap gitu. Trus bayi gw ditaro dada sm susternya. Beberapa jam itu masih di ruang bersalin bersama suami dan bayi gw, capek ngantuk lemes tapi seneng. Sekitar jam 2 dini hari kami dipindah ke ruang perawatan, suami gw lgsg tidur tuh. Si bayi sempet beberapa kali minta nenen yg bikin gw nggak bisa tidur. Jam 4 pagi dia diambil suster katanya mau dicek fisik sm dokter anak sekalian ngantri mandi pagi.

Alhamdulillah,, gw bisa tidur. Boleh agak lamaan nggak balikinnya??? Hahahaha *jahat bgt kan emak lo nak

Jam 7 pagi bangun, selambunya dibuka sm susternya. Pleasee gw pengen mbangkong (baca :: molor ,bangun siang). Sarapan udah ada dan gw masih mager-mager. Trus susternya dateng lagi, banyakan segenk. Gw ditensi darah sm cek suhu badan. Trus masa gw disuruh mandi, katanya bayinya mau dateng udah wangi jgn sampe ibunya masih belom mandi. Gak boleh males-malesan harus banyak gerak kayak biasanya biar cepet sembuh. Yaudah gw mandi. Selama ini kan kata emak-emak kami abis lahiran kalo pipis perih. Alhamdulillah gw pipis nggak perih. Abis mandi gw sarapan dan suami gw pulang mau ngubur ari-ari sekalian jemput ibu dan adek gw di rumah. Bayinya jg dibalikin setelah dijemur. Btw di Borromeus bayinya tidur di box bayi di samping ibunya, jd nggak dipisah. Jd ngedukung lah buat full ASI. Cm ya pas rewel enyahlah kau ibu udah capek susah tidur pulaa. Belum lagi kalo yg ruangan sharing, bayi tetangga nangis eh bayi kita ikutan nangis balapan gitu. Belom lagi suami tetangga yg ngorok macem air rebusan yg lagi mendidih beuuuuhhh *suami gw ngoroknya masih level yg bisa diterima 😎

Si bayik ini kalau abis dijemur kan dia kepanasan, biasanya bakalan minta nenen karena haus kan. ASI gw tuh bukan macem ASI bocor yg bayi belum lahir udah keluar duluan. Kata suster sih bayi bisa bertahan sampe 4 hari kalau nggak salah tanpa minum ASI karena ada sisa makanan pas waktu di kandungan. Tapi harus dinenenin terus biar merangsang ASI keluar. Sejak malem dia lahir tuh udah dinenenin, dia bisa tenang. Entah keluar dikit atau sekedar nyaman aja. Baru di malam terakhir gw di Borromeus dada gw kenceng nyeri gtu, badan gw demam jadinya.

Di malem terakhir ini juga gw ngerasa perut gw tuh penuh banget, tapi nggak kebelet pipis. Tadinya gw biarin aja sampe makin lama makin penuh. Pas mandi tuh kayak udah ada nyeri mau pipis *paham kan maksdnya?... tapi nggak mau keluar air pipisnya. Malem itu gw panggil suster, dipencet-pencet katanya emang kantung kemihnya penuh bgt. Suster ngajak gw masuk toilet buat pipis, sama dia dirangsang pake suara air gtu tp gagal. Jadi deh dipasang kateter, eh si teko tempat nampung air pipis tuh sampe hampir penuh. Di kateter itu nggak enak, perih. Kata susternya berarti gw nggak bisa pipis spontan, belum boleh pulang dulu kalo belum pipis spontan. Abis itu langsung suami gw ngajak jajan, disuruh beli minum yg banyak biar bisa pipis. Tiap kebelet pipis tuh gw panggil suster buat ngebuktiin kalo gw bisa pipis spontan. Susah bgt keluar. Gw inget banget jam 2 pagi belajar jongkok biar merangsang pipisnya keluar. YA Allaaaaah.... jongkok itu luar biasa susah dan sakitnya. Gw sampe bersimpuh sujud-sujud di kamar mandi. Belom lagi payudara gue yg makin bengkak, gw minta tolong suami gw minjem pompa nggak ada. Kata susternya perah pake tangan aja. Sampe ge liat yutup jg susah. Jadi buibu... breastpumpnya dibawa aja kalo mau lahiran. Waktu itu bahkan gw belum beli dan belum tau mau beli merk apa 😞😞...

Hari udah pagi, gw masih was-was kalo nggak boleh pulang. dr. Maximus dan suster dateng buat ngecek hasil jahitan gw. Katanya kudu bener-bener bersih kalo pas ngebersihin jd gw dicek dulu bener apa nggak hasil gw ngebersihin. Katanya masih kurang bersih, jangan takut buat ngeraba dan gosok alus pake tangan sendiri, disabunin aja sekalian biar bersih, baru abis itu dikompres betadine *maknyessss... soal gw susah pipis alhamdulillah kata dokternya nggak masalah. Nantinya akan normal sendiri asal pas kebelet nggak ditunda-tunda. Dan gw pun dibolehkan pulang, asal udah bisa poop. Haiiiiyaaaah apalagi.  Kata susternya harus tuntas, jangan sampe udah pulang eh balik lagi gara2 susah pipis lah susah poop gitu. Abis dokter pergi suster ngasih gw dulcolax biar lebih gampang poopnya.

Pas gw mau pulang tuh dikasih tau kalau bayi gw bilirubinnya tinggi dan lebih baik ditinggal dulu 2 hari. Semalem dia disinar bilirubin, tapi masih tinggi. Gw dokter anaknya sm dr. Sandjaya. Kalau nggak salah tuh standart beliau buat pulang tuh kalo bilirubin di bawah 10. Sedih dooong gw pulang tanpa bawa bayi. Gw googling, sampe dengan 12 tuh masih dianggep normal kalo gw baca referensi dari IDAI. Yaudah gw milih bawa pulang bayi gw, gw bilang ASI gw baru aja keluar jd mau nyoba nyusuin dulu. Gw boleh pulang dan bayi gw boleh pulang.

Selanjutnya :
My Pregnancy and Delivery :: Bayi Kuning, Mastitis, dan Luka Epis Terbuka (Part 4 - selesai)
Sebelumnya :
My Prenancy and Delivery :: Seputar kehamilan (Part 2)

1 comments:

story of my lyfe . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates